Pro Kota Hijau, Warga Campago Ipuh Terima 650 Batang Bibit Buah dari Pokir Asril


Kamis, 12 Desember 2019 - 14:19:38 WIB
Pro Kota Hijau, Warga Campago Ipuh Terima 650 Batang Bibit Buah dari Pokir Asril Anggota DPRD Asril foto bersama dengan warga usai penyerahan bibit buah dikantor Lurah Campago Ipuh. GATOT

BUKITTINGGI, HARIAN HALUAN.COM-Anggota DPRD Kota Bukittinggi Asril, terus  berupaya untuk mewujudkan Bukittinggi  menjadi Green City (Kota Hijau) melalui tanaman produktif.

Konsep pro kota yang sudah menjadi komitmen  bagi politisi Nasdem ini, bukan hanya sekedar untuk menjadikan  Bukittinggi lebih hijau melalui tanaman produktif, tetapi bagaimana konsep  Green City yang dikembangkan bisa berdampak langsung terhadap peningkatan perkonomian warga di kemudian hari.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Untuk mewujudkan  kota hijau tersebut, maka salah satu solusi dan upaya yang  dilakukan Asril  saat ini  adalah dengan menyediakan bibit tanaman buah produktif bagi warga melalui dana Pokirnya di DPRD. Dengan harapan agar bibit tanaman produktif  yang disediakan itu bisa  membantu  pengembangan kota hijau di Bukittinggi, khususnya ditingkat kelurahan.

"Bibit tanaman yang kita sediakan  dapat ditanam langsung oleh warga  yang mempunyai lahan kosong maupun pada  lahan parkarangan rumah mereka," kata Asril, usai menyerahkan secara simbolis  650 batang  bibit buah  produktif kepada warga Kelurahan Campago Ipuh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS),  di kantor lurah setempat, Rabu (11/12) sore.

Baca Juga : Diskominfo Solok Selatan Jalin Kebersamaan dengan Awak Media

Ia mengatakan, 650 bibit buah produktif yang diserahkan itu berupa 500 batang bibit buah durian  dan 150 batang bibit buah pokat. Bibit yang diserahkan  merupakan realisasi dari dana pokirnya  tahun anggaran 2019  melalui Dinas Pertanian dan Pangan  Kota Bukittinggi.

Untuk 2019 ujarnya,  ada  7000 batang bibit buah produktif   yang diberikan  kepada warga untuk  9 kelurahan di Kecamatan MKS. 7000  batang bibit itu terdiri dari bibit durian  900 batang, bibit manggis 500 batang, bibit lengkeng 800 batang, dan bibit belimbing 500 batang.

Kemudian bibit jambu air 800 batang,  bibit  alpokat 1000 batang, bibit kedondong 500 batang, bibit sawo 500 batang, bibit jambu kristal 500  batang, bibit pisang kepok tanjung 500 batang, dan bibit rambutan 500 batang.

Penyerahan bibit buah dimasing masing kelurahan disesuailan dengan kondisi dan brand dimasing masing keluarahan yang bersangkutan.  Bibit buah yang disediakan itu didistribusikan oleh Dinas Pertanian kemasing masing kelurahan

"Dari 9 kelurahan yang ada di MKS, empat kelurahan diantaranya telah kita lakukan penyerahan bibit secara simbolis, yakni Kelurahan Puhun Tembok, Kelurahan Pulai Anak Air, Kelurahan Campago Guguak Bulek, dan Kelurahan  Campago Ipuh," ujar anggota DPRD dari daerah pemilihan Kecamatan MKS ini.

Menurutnya, bibit buah yang diberikan kepada warga disamping untuk mewujudkan Bukittinggi Green City, juga dapat untuk meningkatkan perekonomian warga nantinya. Sebab,  apabila tanaman itu sudah berbuah, tentu buahnya itu bisa dimanfaatkan oleh warga.  Dalam empat dan lima tahun kedepan, masing masing kelurahan di Kecamatan MKS ini akan memiliki ciri khas ciri khas tersendiri terhadap  tanaman buah  tersebut.

"Untuk menuju Green City itu, maka salah satu solusinya adalah dengan cara memanfaatkan lahan kosong atau lahan perkarangan rumah warga  menjadi lahan produktif  dengan menanam tanaman hijau. Oleh karena itu  pada 2018 lalu, kita  mengalokasikan anggaran Pokir untuk pengadaan bibit buah melalui Dinas Pertanian untuk 9 kelurahan di Kecamatan MKS. Alhamdulillah tahun ini semuanya bisa kita realisasikan secara bertahap," kata Asril.

Ia juga  berharap agar bibit buah yang diberikan dapat dipelihara dan dirawat semaksimal mungkin. " Jika bibit buah yang  kita tanam  ini dijaga dan dirawat dengan baik, maka dalam beberapa tahun kedepan  kita akan menikmati hasilnya," tukas Sekretaris Komisi II DPRD Bukittinggi ini.

Sementara itu Lurah Campago Ipuh Hendra Wirman menyampaikan terima kasih kepada Asril yang telah menyalurkan  bantuan bibit buah kepada warga melalui  dana pokirnya selaku anggota DPRD Bukittinggi. Bibit buah yang diberikan ini akan  diprioritaskan bagi  warga yang memiliki lahan kosong  atau pekarangan di sekitar rumah.

"Pihak kelurahan bersama Dinas Pertanian akan mendata warga penerima, sekaligus akan memberikan penyuluhan serta pengawasan langsung terhadap bibit yang ditanam. Disamping itu kita  juga akan melakukan pemantauan secara rutin kerumah warga," ujar Hendra. (h/tot).

Reporter : RUDI GATOT | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]