Rancak Bana..! Inilah Pesona Destinasi Wisata yang Diperkenalkan Pokdarwis Puncak Sati


Kamis, 12 Desember 2019 - 17:50:16 WIB
Rancak Bana..!  Inilah Pesona Destinasi Wisata  yang Diperkenalkan Pokdarwis Puncak Sati Destinasi wisata baru dikawasan Gunung Timbago Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin Sawahlunto yang diperkenalkan Pokdarwis. foto RIKI-Harianhalua.com ,

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Memperkenalkan destinasi wisata baru dikawasan Gunung Timbago Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin Sawahlunto, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Puncak Sati akan menggelar jalan santai, Minggu (15/12). Star Kantor Ombilin Lapangam Segitiga dan Finish di Kawasan wisata puncak Sati.

"Sengaja iven jalan santai ini digelar, sebagai upaya untuk mengenalkan destinasi wisata baru yang ada di kawasan Gunung Timbago ini yang diberi nama Puncak Rimbo Sati," kata Ketua Pokdarwis Puncak Sati Mulsyafri.

Mulsyafri menyebutkan, destinasi yang dikembangkan dinamai Puncak Rimbo Sati itu dalam pengembangkannya, dibantu pemuda dan masyarakat secara swadaya.

"Berada di puncak perbukitan Puncak Rimbo Sakti yang menawarkan  pemandangan pusat Kota Tua Sawahlunto serta panorama alam dari ketinggian. Inilah yang coba kita jual. Secara bertahap kita membuka paket wisata berkemah dengan menawarkan pesona Sawahlunto dimalam hari," katanya.

Paling tidak lanjutnya, dengan adanya kegiatan jalan santai yang dilakukan, bisa mengenalkan objek wisata baru ini kepada masyarakat Sawahlunto dan kepada masyarakat umum lainnya. Dan secara bertahap kataya, Pokdarwis akan terus melakukan pengembangan dan melengkapi sarana dan prasarana wisata yang akan dibutuhkan oleh pengunjung.

Camat Kecamatan Barangin Zainul Anwar didampingi Lurah Saringan Mulyadi mengatakan, sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pokdarwis Puncak Sati tersebut. Ia menyebutkan, akan mendukung penuh karena potensi Puncak Rimbo Sakti bisa jadi alternatif wisata dengan pemandangan alam di Sawahlunto.

"Selain wisata sejarah, wisatawan juga memiliki pilihan lain dengan merasakan sensasi panorama alam Puncak Rimbo Sati dengan back ground pemandangan kota tua Sawahlunto," ujarnya.

Disisi lain, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Sawahlunto Al-Kautsar Akbar menilai, potensi-potensi yang seperti inilah yang perlu digali disetiap desa maupun kelurahan, karena kedatangan wisatawan langsung dirasakan efeknya oleh masyarakat sekitar.

"Ini yang dinamakan dengan pariwisata berbasis masyarakat, ide pengembangan dari masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan dampaknya dengan wisatawan yang datang akan berpengaruh kepada kesejahteraan masyarakat sekitar. Itu yang kita harapkan," katanya.(h/rki)
 

loading...
Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]