Pemkab Sosel Dorong Karang Taruna  Miliki Usaha Kreatif


Kamis, 12 Desember 2019 - 18:29:17 WIB
Pemkab Sosel Dorong Karang Taruna  Miliki Usaha Kreatif Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna (KT) Kabupaten Solok Selatan. foto Humas

SOLSEL,HARIANHALUAN.COM-Organisasi Karang Taruna semestinya mempunyai usaha-usaha kreatif yang nantinya bisa menopang lajunya organisasi tersebut. Usaha kreatif tersebut sekaligus diharapkan dapat menjadi contoh bagi organisasi dan kelompok masyarakat lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, dalam sambutannya ketika mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna (KT) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, periode 2019 - 2024, di Hotel Pesona Alam Sangir, Kamis (12/12). Sebanyak 70 orang dikukuhkan sebagai pengurus, dan diketuai oleh Abdul Reda, S.Pt

Menurutnya, Karang Taruna hendaknya juga bisa membuka usaha usaha ekonomi kreatif, dan tidak sekedar mengandakan sumber dari pemerintah semata atau sumbangan lainnya. "Kepada pengurus Karang Taruna, kita himbau untuk dapat membuka usaha ekonomi kreatif. Misalnya usaha ikan larangan bersama pihak nagari, penanaman kopi, kedai kopi, dan peluang peluang lain. Sehingga organisasi juga bisa menghidupi organisasinya melalui usaha usaha kreatif,"

Muzni juga mengatakan bahwa Karang Taruna bisa mulai dari hal-hal yang sederhana, tetapi terbukti nyata dapat membantu persoalan di tengah masyarakat.

"Sebagai contoh bagaimana Karang Taruna Bantu dapat membantu menangani kebersihan obyek wisata melalui aksi nyata, sehingga eksistensi KT pun dapat dikenal banyak orang, dan tidak sekedar nama semata," harapnya

Bupati juga meyakini bahwa, Pemerintah daerah dipastikan akan selalu bersama Karang Taruna. Dan Karang Taruna menurutnya juga akan senantiasa ikut serta dalam mendukung progam pembangunan daerah nantinya.

Sementara itu, Wakil Ketua Karang Taruna Bidang Organisasi Propinsi Sumbar Dodi P Tanjung mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi atas dikukuhkannya KT di Solsel.

Ia juga mengatakan bahwa penilaian KT terbaik selalu dilakukan setiap tahun hingga tingkat nasional.

"Alhamdulillah yang diutus KT Sumbar selalu mendapatkan peringkat nasional. Tahun 2017 kita Terbaik I Nasional. Tahun 2018 utusan kita masuk nominasi 3 besar nasional. Dan tahun ini kita masih menunggu hasilnya. Mudah-mudahan suatu saat nanti, ada karang taruna yang diutus oleh Solsel ke nasional," jelasnya terkait harapan kedepan

Ketua Karang Taruna Solok Selatan yang baru saja dikukuhkan, Abdul Reda, mengatakan bahwa kepengurusan KT jangan hanya sekedar nama yang tercantum saja, tetapi seharusnya dibuktikan dengan kerja dan kinerja yang nyata

"Kita bisa mulai dari hal-hal yang sederhana. Contohnya kepedulian kita terhadap pencegahan narkoba, sampah, dll. Agar ada sesuatu yang nyata dilakukan di tengah-tengah masyarakat," tukasnya

Seusai pengukuhan, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pembekalan terhadap pengurus Karang Taruna. (dn/hms)

 Sumber : HumasSolsel /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 21:07:00 WIB

    Pemkab Pessel Berikan Kemudahan Bagi Investor yang Serius

    PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kabupaten Pesisir Selatan, memberikan kemudahan bagi investor melakukan penggu.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 18:54:06 WIB

    Cegah Anggaran Bocor, 41 Bendaharawan Pemkab Pasaman Diberi Pelatihan

    Cegah Anggaran Bocor, 41 Bendaharawan Pemkab Pasaman Diberi Pelatihan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Cegah terjadinya kebocoran anggaran, Pemerintah Kabupaten Pasaman, terus mendorong peningkatan kompetensi dan profesionalitas bendaharawan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)..
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 18:08:51 WIB

    Pemkab Pessel Wacanakan Tenaga Kesehatan Honorer Berstatus Kontrak

    Pemkab Pessel Wacanakan Tenaga Kesehatan Honorer Berstatus Kontrak PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berencana mengangkat status tenaga medis honorer yang bertugas pada masing-masing Puskesmas dan RSUD di daerah setempat menjadi pegawai kontrak..
  • Senin, 24 Februari 2020 - 16:21:57 WIB

    Pemkab Pessel Usulkan Tambahan 18 Ribu KK untuk PKH 2021

    Pemkab Pessel Usulkan Tambahan 18 Ribu KK  untuk PKH 2021 PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, mengusulkan penambahan 18 ribu kepala keluarga asal daerah setempat sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2021 mendatang..
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 19:52:25 WIB

    Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Pessel Bentuk PATBM

    Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Pessel Bentuk PATBM PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, membentuk gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sebagai upaya menjadikan daerah setempat kabupaten layak anak..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM