Kapolda Sumbar Tuntaskan Seluruh Tanggungjawab Jelang Lepas Jabatan


Kamis, 12 Desember 2019 - 21:59:07 WIB
Kapolda Sumbar Tuntaskan Seluruh Tanggungjawab Jelang Lepas Jabatan Irjen Pol Fakhrizal menyerahkan ganti rugi kepada keluarga almarhum Erik Alamsyah di Bukittinggi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal menuntaskan seluruh tanggung jawab Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat jelang akhir jabatan.

Setelah kasus korban salah tembak di Polsek Kinali, Iwan Mulyadi, Irjen Pol Fakhrizal kembali menyerahkan ganti rugi sebesar Rp 100 juta pada keluarga almarhum Erik Alamsyah.

Erik Alamsyah meninggal akibat penganiayaan yang dilakukan oleh enam oknum polisi yang bertugas di Polres Bukittinggi pada 2012. 

Atas kasus tersebut, keluarga korban yang menempuh jalur hukum akhirnya memenangkan gugatan berupa ganti rugi sebesar Rp100.700.000. Ganti rugi itu ternyata belum dilunasi pihak terkait hingga sampai pada Irjen Pol Fakhrizal.

Di hadapan Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi, Hapsoro Restu Widodo, Irjen Pol Fakhrizal menyerahkan seluruh ganti rugi berupa uang tunai sebesar yang dibebankan pada Polda Sumbar, Kamis (12/12). 

"Ini adalah tanggung jawab kita dan harus kita tunaikan segera," kata Fakhrizal di Polres Bukittinggi, Kamis (12/12).

Fakhrizal juga menyampaikan rasa prihatin terhadap keluarga korban almarhum Erik Alamsyah. Jenderal bintang dua itu berharap kasus seperti ini tidak terjadi lagi.

Seluruh oknum yang berbuat semena-mena akan diproses secara hukum sesuai aturan yang berlaku. "Jangan sampai terjadi lagi, kami akan berikan sanksi pada oknum yang berbuat demikian sesuai aturan yang berlaku,"  tegas Fakhrizal.

Setelah ganti rugi pada keluarga korban Erik Alamsyah, Irjen Pol Fakhrizal berencana akan membayarkan ganti rugi pada keluarga almarhum dua orang kakak beradik di Polsek Sijunjung.

Keluarga korban kakak-beradik itu memenangkan gugatan pada tahun 2015 berupa ganti rugi sebesar Rp 500 juta. Irjen Pol Fakhrizal memastikan besok, Jumat (13/12), ganti rugi tersebut akan dibayarkan seluruhnya. 

"Jelang saya serah terima jabatan, semua tanggung jawab dituntaskan agar tidak ada lagi beban terhadap kasus seperti ini," jelas Fakhrizal. 

Fakhrizal sudah menugaskan pada Kepala Bidang Hukum Polda Sumbar Kombes Pol Nina Febrilinda, SH untuk membayarkan ganti rugi pada keluarga korban kakak-beradik di Polres Sijunjung. (*)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 22:51:52 WIB

    Wah! Kapolda Sumbar Memasak Menu Berbuka untuk Masyarakat

    Wah! Kapolda Sumbar Memasak Menu Berbuka untuk Masyarakat Usai dari melakukan pengecekan Pos Pengamanan (Pospam) di Bukittinggi, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto juga berkunjung ke dapur umum TNI–Polri di Jalan Sudirman Bukittinggi, tepatnya di Komplek Kodim 0304/Agam, Sabtu.
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 22:08:47 WIB

    Cek Kesiapan Pospam di Bukittinggi, Kapolda Sumbar: Ingat Selalu Jaga Jarak!

    Cek Kesiapan Pospam di Bukittinggi, Kapolda Sumbar: Ingat Selalu Jaga Jarak! Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto melihat kesiapan personel dalam melaksanakan tugas pada Operasi Ketupat Singgalang 2020. Bersama Dirlantas Kombes Pol Yofie Girianto Putro, mereka berkunjung ke wilayah hukum Polres Buk.
  • Kamis, 07 Mei 2020 - 07:23:18 WIB

    PSBB Diperpanjang, Ini Kata Kapolda Sumbar

    PSBB Diperpanjang, Ini Kata Kapolda Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 29 Mei 2020..
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 20:42:41 WIB

    Wakapolda, Karo Ops dan Enam Kapolres di Sumbar Berganti

    Wakapolda, Karo Ops dan Enam Kapolres di Sumbar Berganti PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rotasi atau pergantian jabatan di Polda Sumbar kembali bergulir. Kali ini adalah jabatan Wakapolda Sumbar, Karo Ops dan 6 Kapolres di lingkungan Polda Sumbar. .
  • Senin, 27 April 2020 - 21:22:17 WIB

    Kapolda Sumbar Terima 2.700 Masker Buatan Polwan

    Kapolda Sumbar Terima 2.700 Masker Buatan Polwan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 2.700 unit masker diterima Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dari Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Hari Syamsi, Senin (27/4/2020)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]