Penggerak Kepariwisataan, Dipaspora Bukittinggi dan Pendamping Gelar Evaluasi Bersama


Jumat, 13 Desember 2019 - 10:11:22 WIB
Penggerak Kepariwisataan, Dipaspora Bukittinggi dan Pendamping Gelar Evaluasi Bersama Inilah penggerak di lapangan bersama stakeholders kepariwisataan Kota Wisata Bukttinggi. Ist

BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Bukittinggi bersam Pendamping Kegiatan Pelatihan Pelayanan Kepariwisataan dan Pendamping  menggelar evaluasi gerakan kegiatan pendampingan lapangan yang menjadi kunci lompatan besar kemajuan kepariwisataan Bukittinggi.

Bertempat di meetting room Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat di Aua Kuniang, Bukittingi, Kamis  12 Desember 2019, evaluasi dihadiri semua unsur terkait di Disparpora dan Pendamping yang selama ini bergerak langsung di lapangan.

Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparpora  Hj. Suzi Yanti. SE. MM mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik dan  Pelayanan Kepariwisataan 2019 yang diterima dari Kementerian Pariwisata digunakan untuk mendukung kegiatan non fisik bidang kepariwisataan serta mendukung peningkatan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing destinasi pariwisata daerah dalam rangka meningkatkan citra pariwisata, meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal khususnya masyarakat di destinasi pariwisata, serta meningkatkan pruduktifitas dan perluasan kesempatan kerja di bidang kepariwisataan. 

Dalam implementasi program tersebut, Disparpora  bersama dengan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan para Praktisi Pariwisata telah melaksanakan lima kegiatan yaitu Pelatihan Tata Kelola Destinasi  yang melibatkan tiga Desa Wisata yaitu Desa Wisata Kayu Kubu, Desa Wisata Bukik Apik dan Desa Wisata Sanjai. Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Budaya, Pelatihan Manajemen Homestay. 

"Bahkan pasca pelatihan tersebut telah dilaksanakan program pendampingan kurang lebih selama tiga bulan, dan Alhamdulillah rangkaian program ini telah berjalan dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan penggunaan DAK Non Fisik dan Pelayanan Kepariwisataan tahun 2019 yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Kami mengungkapkan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada segenap unsur pendamping yang telah bekerjasama atas pencapaian program ini," ujar Suzi.

Sementara itu, mewakili unsur pendamping, Moch Abdi. SE.,MM mengungkapkan terimakasih kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Bukittinggiyang telah memberikan kepercayaan kepada Fakultas Pariwisata UMSB dan praktisi pariwisata.
Moch Abdi menyatakan, Pelaksanaan program Pendampingan ini adalah  wujud nyata dari sinergi Pentahelix Pariwisata dalam pemberdayaan dan pengembangan potensi daerah melalui pariwisata, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Disamping itu tentu kedepan segenap unsur Pentahelix Pariwisata, Pemerintah, Perguruan Tinggi, Industri Pariwisata/Pelaku Usaha Pariwisata, Komunitas masyarakat/lembaga/asosiasi pariwisata dan media dapat meningkatkan sinergi yang lebih optimal dengan mengedepankan semangat kebersamaan dalam usaha memajukan pariwisata di Kota Bukittinggi ini," pungkas Abdi.

Evaluasi Bersama ini dihadiri  dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Hj. Suzi Yanti. SE. MM (Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Erni Yenti, S.Sos. (Kasi Bina Usaha dan Industri Kreatif). Yudia Lestari, S.Par. (Pelaksana Seksi Bina Usaha dan Industri Wisata). Yulhendri (Pelaksana Seksi Bina Usaha dan Industri Wisata) serta Jeki, S.Kom., M.Si (Kasi pengembangan destinasi dan sumber daya manusia).

Sementara itu dari unsur pendamping kegiatan turut hadir Syafroni Falian. SST. Par (Pendamping Program Pengembangan Homestay), Eddy Novra. SST. Par., M.Par (Pendamping Program Kepemanduan Wisata), Rozi Yuliani. SST. Par.,MM (Pendamping Program Desa Wisata Bukik Apik), Wina Asty. S.Pd., M.Par (Pendamping Program Desa Wisata Sanjai) dan Moch Abdi. SE.,MM (Pendamping Program Desa Wisata Kayu Kubu).

Pada kesempatan itu  para pendamping program pasca pelatihan  juga  memberikan paparan mengenai capaian dan evaluasi terhadap program pendampingan yang telah dilaksanakan. (dn)


Reporter : dn /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM