Puluhan ASN Tes HIV di Dinkes Kota Solok


Jumat, 13 Desember 2019 - 15:30:09 WIB
Puluhan ASN Tes HIV di Dinkes Kota Solok Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Dr. Ambun Kadri, mengikuti tes HIV di Dinkes, Kota Solok, Jumat (13/12). Hal itu dilakukan sebagai bentuk sosialisasi pemeriksaan HIV dan mendeteksi lebih awal penyebaran HIV. (Meyla Karni)

SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Solok melakukan tes Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kantor Dinkes, Jalan Syamsu Tulus, Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Jumat (13/12). Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi lebih awal penyebaran HIV sekaligus sosialisasi kepada ASN.

“Sebelum kami memeriksa warga, tentu dimulai dari diri kita sendiri, dari keluarga dan lingkungan. Ini juga sebagai bentuk sosialisasi agar masyarakat secara sukarela memeriksakan dirinya ke puskesmas-puskesmas yang ada,” ujar Kasi P2P Dinkes Kota Solok, Silvia Yuniwarti kepada Haluan, Jumat (13/12).

Dia mengatakan, ada 43 peserta yang ikut tes HIV, 33 berasal dari Dinas Kesehatan dan 10 orang dari Puskesmas. Dari hasil pemeriksaan tersebut, semuanya dinyatakan negatif. Lebih lanjut dikatakannya, ke depan pihaknya (Dinkes) berencana akan membuat sistem baru di salah satu Puskesmas yang bisa melayani pemeriksaan HIV dengan menambah jam berkunjung.

“Ini masih rencana, jadi hal ini dilakukan untuk membuat warga atau mereka yang ingin memeriksakan HIV tidak enggan atau malu. Jadi konsepnya, jam berkunjung pemeriksaan bisa jam 16.00 WIB atau jam selanjutnya. Dan bisa juga dibuatkan ruang khususnya,” tuturnya.

Acara pemeriksa HIV bagi ASN juga bagian dalam peringatan Hari Aids Sedunia dan program pemerintah Menuju Kota Solok Bebas HIV . Kegiatan yang dimulai pada 7.30 WIB itu diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan pemeriksaan HIV. (*)

Reporter : Rivo Septi Andries /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]