RI Mau Dikuasai China Lewat Utang, Benarkah?


Sabtu, 14 Desember 2019 - 14:20:28 WIB
RI Mau Dikuasai China Lewat Utang, Benarkah? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beberapa waktu lalu muncul kabar bahwa China tengah menjalankan misi menguasai negara-negara lain lewat utang. Salah satu yang disebutkan adalah Indonesia.

Kabar itu muncul melalui tulisan Chinese Money Trap. Tak hanya Indonesia, negara-negara di Afrika juga disebut menjadi target China.

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian pun menepis tanggapan itu. Dia menilai ada pihak yang memunculkan opini kerja sama China dengan negara lain dari sudut pandang negatif.

"Memang ada sebagian orang tidak tahu kondisi sebenarnya, tapi juga ada orang dengan sengaja memutarbalikkan fakta," katanya kala berbincang dengan tim detikcom pekan ini.

Kabar itu menyebutkan, bahwa untuk Indonesia utang China masuk melalui pembiayaan proyek infrastruktur. Dengan begitu China bisa menguasai aset Indonesia lewat utang-utang tersebut.

Menjawab tanggapan itu Xiao memberikan data yang dimilikinya. Menurut data itu China bukan pemberi utang terbesar di Indonesia.

"Obligator terbesar Indonesia bukan China, urutannya yang besar Singapura, Jepang, Amerika Serikat kemudian Bank Dunia. Kalau Singapura US$ 66,497 miliar, US$ Jepang 29,428 miliar, AS US$ 22,467 miliar, Bank Dunia US$ 17,78 miliar, China hanya US$ 17,756 miliar," rincinya.
Xiao melanjutkan, untuk utang pemerintah Indonesia paling banyak berasal dari Amerika Serikat (AS). Porsinya mencapai 12,64% dari total seluruh utang pemerintah Indonesia.

"Utang pemerintah Indonesia yang totalnya sebanyak US$ 194,355 miliar di antaranya AS mengambil porsi paling banyak sekitar 12,64% dengan US$ 24,39 miliar, kemudian Jepang, Jerman dan Prancis, utang terhadap China hanya US$ 1,695 miliar belum sampai 1%.

Dari situ, dia menyimpulkan bahwa anggapan China bisa menguasai Indonesia itu tidak masuk akal. "Yang disebut China menguasai Indonesia melalui utang atau investasi sama sekali tidak masuk akal," tegasnya.(*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 15:48:16 WIB

    90% BUMN Terdampak COVID-19, Erick: Kita Siapkan Langkah Untuk Perkuat BUMN

    90% BUMN Terdampak COVID-19, Erick: Kita Siapkan Langkah Untuk Perkuat BUMN HARIANHALUAN.COM - Virus Corona atau COVID-19 memberi dampak pada dunia usaha, termasuk BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sebanyak 90% terdampak Corona..
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 10:22:59 WIB

    Jaringan XL Axiata Siap Layani Kebutuhan Lebaran

    Jaringan XL Axiata Siap Layani Kebutuhan Lebaran HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan pelanggan dan masyarakat selama Lebaran 2020. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Direktur Informasi, Yessie .
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 23:22:54 WIB

    Usai Lebaran, Pasar Keuangan RI Harus Waspadai Ini

    Usai Lebaran, Pasar Keuangan RI Harus Waspadai Ini HARIANHALUAN.COM - Pasar keuangan dalam negeri kompak pada pekan ini, dalam tiga hari perdagangan menjelang libur Hari Raya Idul Fitri. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membukukan penguatan 0,85%, rupiah lebih dari 1%, seme.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 19:05:42 WIB

    Hingga April 2020, Xenia Terlaris ke-3 di Segmen MPV Low

    Hingga April 2020, Xenia Terlaris ke-3 di Segmen MPV Low HARIANHALUAN.COM - Industri dan pasar otomotif tahun 2020 ini berada dalam kondisi yang sangat menantang disebabkan pandemi Covid-19 yang mewabah secara global termasuk di Indonesia, serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 13:17:22 WIB

    Ribuan Karyawan di Pabrik Sepatu Nike Dihantam PHK

    Ribuan Karyawan di Pabrik Sepatu Nike Dihantam PHK HARIANHALUAN.COM -- Pabrik sepatu yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karena dampak penyebaran virus Corona (Covid-19). Menurut data Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, P.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]