Banjir Genangi 5 Kabupaten di Riau, Dua Anak Jadi Korban


Ahad, 15 Desember 2019 - 02:53:16 WIB
Banjir Genangi 5 Kabupaten di Riau, Dua Anak Jadi Korban Wakil Gubernur Riau Edy Nasution saat meninjau banjir di Kecamatan Gunung Sahilan, Kampar, didampingi Kepala BPBD Riau Edwar Sanger.

PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Curah hujan yang tinggi membuat air sungai disejumlah daerah di Provinsi Riau meluap, akibatnya menggenangi rumah-rumah warga. Banjir juga merendam lima kabupaten di Bumi Lancang Kuning, yakni Kabupaten Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Kampar, Pelalawan dan Rokan Hilir.

Hal itu dikatakan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger kepada GoRiau.com. Tidak hanya rumah warga, banjir pun menggenangi rumah ibadah, sekolah, kantor pemerintah dan kebun milik warga.

"Warga yang terkena dampak banjir sudah dievakuasi dan mengungsi ke tenda pengungsian yang ada, serta ke rumah keluarganya," kata Edwar, Sabtu (14/12/2019).
BPBD provinsi dan kabupaten yang terdampak banjir, dikatakan Edwar, juga mendirikan dapur umum untuk membantu kecukupan konsumsi warga yang mengungsi. Bahkan, ada juga posko kesehatan yang siap memeriksa kesehatan warga.

"Kita juga menghimbau warga yang tinggal sekitar daerah aliran sungai (DAS) untuk waspada, jika sewaktu-waktu ketinggian air sungai mengalami peningkatan," ungkapnya.

Dampak banjir di Riau, sambung Edwar, selain kerugian materil yang dirasakan warga, juga telah menelan dua korban jiwa anak-anak. Untuk itu, warga yang tinggal dekat aliran sungai untuk selalu waspada agar tidak terjadi korban jiwa selanjutnya.

"Dua anak-anak yang menjadi korban banjir, karena terseret aliran banjir di Kabupaten Kuantan Singingi dan Rokan Hulu," jelas Edwar. (h/go)


 Sumber : GoRiau /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 08:31:00 WIB

    BMKG: Sumbar Berpotensi Hujan Lebat, Banjir dan Longsor

    BMKG: Sumbar Berpotensi Hujan Lebat, Banjir dan Longsor PADANG,HARIANHALUAN- Sumatera Barat termasuk wilayah di Indonesia berpotensi   diguyur hujan lebat  yang dapat disertai petir. Sumbar  berpotensi banjir dan longsor  hingga sepekan ke depan..
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 18:48:04 WIB

    Banjir Bandang Malalo, Zuldafri Darma Bersama Kepala BPBD Tinjau Lokasi Bencana

    Banjir Bandang Malalo, Zuldafri Darma Bersama Kepala BPBD Tinjau Lokasi Bencana TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Banjir bandang yang melanda Jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Jum'at (17/1) dini hari, merusak sejumlah bangunan dan fasilitas masyarakat. Diantaranya.
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 13:10:18 WIB

    Banjir Bandang di Malalo, Dua Rumah Hanyut

    Banjir Bandang di Malalo, Dua Rumah Hanyut BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Kamis (16/1) mal hingga Jumat (17/1) dini hari tadi mengakibatkan terjadinya banjir bandang di Jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 22:01:51 WIB

    Ngeri..! Kota Surabaya Dilanda  Banjir, Banyak Kendaraan Tenggelam

    Ngeri..! Kota Surabaya Dilanda  Banjir, Banyak Kendaraan Tenggelam SURABAYA,HARIANHALUAN.COM-Kota Surabaya  kembali  dilanda  bencana banjir.  Hujan yang mengguyur Kota Surabaya membuat sejumlah motor dan mobil  tenggelam, Rabu (15/1/2020)..
  • Senin, 13 Januari 2020 - 12:45:35 WIB

    Khawatir Terseret Banjir, Warga Ikat Rumah ke Pohon

    Khawatir Terseret Banjir, Warga Ikat Rumah ke Pohon JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Demi mengantisipasi agar tak terseret banjir yang airnya semakin meninggi, Warga Desa Bondra, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat mengikat rumahnya di pohon..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM