Bukti Gemuk..!! dari 142 BUMN Cuma 15 yang 'Nyumbang' Pemerintah


Ahad, 15 Desember 2019 - 03:26:15 WIB
Bukti Gemuk..!! dari 142 BUMN Cuma 15 yang 'Nyumbang' Pemerintah Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. CNBC

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut dari 142 BUMN, hanya sebagian kecil yang bisa dianggap memiliki profit dan punya kontribusi terhadap pendapatan negara.

Dari total laba BUMN sebesar Rp 189 triliun, hanya 15 BUMN yang berkontribusi hingga 73%. "Jadi dari Rp 189 triliun, 73% nilainya dikontribusi oleh 15 perusahaan. Karena itu, harus diefisiensikan supaya bangun ekosistem sehat dengan swasta," kata Erick di Balai Sarbini sabtu (14/12/2019).

Dominasi 15 BUMN tersebut sebenarnya tidak baik, karena dari keseluruhan BUMN hanya sedikit yang mampu mengolah bisnisnya dengan baik. Hal tersebut perlu diantisipasi dan dicarikan solusi ke depan.

Apalagi, kata Erick, 15 perusahaan yang untung besar hanya terbatas pada sektor-sektor tertentu saja. "Karena memang ke-15 perusahaan ini lebih banyak fokus di bidang perbankan, telekomunikasi, komunikasi, dan oil and gas," beber Erick awal Desember lalu.

Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin ini menilai, dalam jangka panjang sektor-sektor tersebut tak akan bisa diandalkan. Dia memberi contoh pada dunia perbankan yang saat ini sudah mulai tergerus zaman.

"Di mana ketika bicara era distrupsi seperti ini, yang namanya industri perbankan sendiri 10 tahun ke depan juga kita tidak tahu gimana nasibnya, dengan yang namanya e-payment dan lain-lain," tandasnya.

Anggota Badan Pemeriksa Keuangan Achsanul Qosasi menambahkan dalam APBN tahun depan, BUMN ditargetkan bisa setor dividen Rp 45,5 triliun. Tapi angka ini mayoritas ditargetkan hanya dari 10 BUMN. "95% ditargetkan pada 10 BUMN besar, dengan target penyelesaian kredit bermasalah di Bank BUMN. 100 BUMN lainnya hanya hasilkan 5% dan ada yang masih rugi," ujarnya dalam cuitan di twitter. (H/cnbc)


 Sumber : CNBC /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 15:27:22 WIB

    Mafia Migas Masih Berkeliaran, Ini Buktinya...

    Mafia Migas Masih Berkeliaran, Ini Buktinya... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mafia migas diyakini masih berkeliaran berburu rente. Mereka mencari keuntungan tanpa memperdulikan nasib pihak lainnya termasuk negara..
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 11:18:29 WIB

    Bukti Baru Kasus Novel Baswedan, KPK: Semoga Segera

    Bukti Baru Kasus Novel Baswedan, KPK: Semoga Segera JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Jokowi mengatakan bahwa ada bukti baru dalam kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun merasa senang atas pernyataan tersebut. KPK siap menunggu has.
  • Sabtu, 26 Oktober 2019 - 12:58:57 WIB

    Terbukti !! 'Ramalan' Komandan Kopassus Sintong Panjaitan Soal Prabowo 34 Tahun Lalu

    Terbukti !! 'Ramalan' Komandan Kopassus Sintong Panjaitan Soal Prabowo 34 Tahun Lalu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Prabowo Subianto baru saja dilantik sebagai menteri pertahanan. Setelah berhenti dari militer sejak tahun 1998, kini Prabowo akan kembali mengurusi soal TNI dan pertahanan..
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 13:08:34 WIB

    Kecewa, Pendukung Minta Prabowo Buktikan Bukan Macan Kertas

    Kecewa, Pendukung Minta Prabowo Buktikan Bukan Macan Kertas SOLO, HARIANHALUAN.COM - Relawan Prabowo-Sandi asal Solo, Mudrick Sangidu, mengaku kecewa atas masuknya Prabowo Subianto ke dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut sudah dia perkirakan sejak Prabowo mulai me.
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 14:08:42 WIB

    Vaper Indonesia Tantang Pemerintah: Buktikan Vape Berbahaya!

    Vaper Indonesia Tantang Pemerintah: Buktikan Vape Berbahaya! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Munculnya kasus terkait cairan atau liquid vape yang diduga mengandung narkoba semakin membuat vape atau rokok elektrik dipandang negatif. Kasus yang sempat menyandung artis Vicky Nitinegoro ini di.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM