Jembatan Sitiung Putus Diterjang Banjir, Pariyanto: Ini Jembatan Utama Kebutuhan Rakyat


Ahad, 15 Desember 2019 - 07:07:53 WIB
Jembatan Sitiung Putus Diterjang Banjir, Pariyanto: Ini Jembatan Utama Kebutuhan Rakyat Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto,SH, meninjau Jembatan Situng yang putus akibat dihantam banjir. MARYADI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM- Berbagai dampak buruk akibat musibah banjir di Dharmasraya mulai bermunculan, salah satunya adalah jembatan yang membentang di atas jalan provinsi di Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, atau yang lebih dikenal jalan lama, sebelum ada jalan lintas Sumatera.

Menurut warga setempat, Edy kepada Harianhaluan.com, paginya jembatan dengan bentangan sekitar 5 meter itu masih bisa di lewati mobil, namun setelah sore hari atau sekitar pukul 15.00 Wib, salah seorang warga melihat jembatan itu sudah retak besar dan sudah nyaris roboh.

Dengan demikian ulasnya, warga setempat yang tidak jauh dari lokasi jembatan, berbondong-bondong ingin melihat dan jalan pun mulai ditutup untuk dilewati kendaraan roda empat ke atas, sedangkan kendaraan roda dua masih bisa lewat yang mana warga membuat lantai diatas jembatan tersebut.

Edy menambahkan, sehari sebelumya, jalan di sekitar jembatan digenangi air setinggi satu meter, bukan hanya jalan, rumah warga di sekitar itu juga terendam air."Mungkin karena deras dan debet air yan cukup besar, maka penyangga jembatan yang sudah berumur puluhan tahun tidak kuat menahan arus air," ungkapnya.

Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto,SH, yang juga warga setempat, langsung turun ke lokasi guna melihat kondisi yang sebenarnya.

Menurutnya, karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi, maka Pemkab Dharmasraya nantinya diminta segera untuk memberikan laporan kepada Dinas PUPR Provinsi Sumbar.

Namun katanya, agar kendaraan minimal roda empat bisa lewat, kami minta Pemprov Sumbar agar dapat segera membangun jembatan tersebut atau jembatan darurat. "Pokoknya kita minta PUPR Sumbar melalui PUPR Dharmasraya berkoordinasi untuk mendapatkan solusinya," ungkap kader PDI Perjuangan ini.

Jalan yang berstatus jalan provinsi ini merupakan jalan utama bukan hanya bagi masyarakat Sitiung, tetapi juga bagi pengendara yang hendak menuju Kecamatan Sitiung, Koto Baru sampai perbatasan Muaro Tebo Jambi. Dan juga jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Jambi, sebelum ada Jalinsum.(h/mdi)

loading...
Reporter : MARYADI /  Editor : DODI NURJA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]