Filipina Diguncang Gempa M 6,8


Ahad, 15 Desember 2019 - 16:02:00 WIB
Filipina Diguncang Gempa M 6,8 ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi data mutakhir menjadi magnitudo (M) 6,8 terkait gempa yang terjadi Mindanao, Filipina. Kedalaman gempa tersebut adalah 37 km.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa ini berkekuatan M=6,9 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,8," kata Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan DIni Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/12/2019).

Daryono menyebutkan gempa tersebut berpotensi destruktif. Gempa juga dirasakan hingga Sulawesi Utara.

"Dampak guncangan gempa ini di sekitar episenter khususnya di Davao Del Sur diperkirakan mencapai VII MMI dan berpotensi destruktif. Gempa ini juga dirasakan di wilayah Indonesia yaitu daerah Sangihe Talaud Sulawesi Utara yang jaraknya lebih dari 334 km dari pusat gempa," tuturnya. (h/dtk)

 

 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 April 2020 - 10:44:33 WIB

    11 Tentara Filipina Tewas dalam Serangan Abu Sayyaf, 14 Terluka

    11 Tentara Filipina Tewas dalam Serangan Abu Sayyaf, 14 Terluka MANILA, HARIANHALUAN.COM - Para militan Abu Sayyaf menewaskan 11 tentara Filipina dalam serangan paling mematikan kelompok itu dalam waktu setahun lebih. Sebanyak 14 tentara Filipina juga terluka dalam serangan itu..
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 22:57:07 WIB

    Pesawat Lionair Jatuh di Filipina, 8 Orang Tewas

    Pesawat Lionair Jatuh di Filipina, 8 Orang Tewas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pesawat milik maskapai yang berbasis di Filipina, Lionair Inc mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Ninoy Aquino. Pesawat terbakar saat lepas landas dan menewaskan delapan orang..
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 11:22:12 WIB

    60 Juta Warga Filipina Dikarantina Gegara Corona

    60 Juta Warga Filipina Dikarantina Gegara Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memperluas karantina selama sebulan, atau hingga 12 April 2020 di seluruh Pulau Luzon yang juga mencakup Ibu Kota Manila. .
  • Ahad, 02 Februari 2020 - 13:36:05 WIB

    Pertama di Luar China, Filipina Lapor 1 Tewas Karena Corona

    Pertama di Luar China, Filipina Lapor 1 Tewas Karena Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Filipina melaporkan perkembangan terbaru soal corona. Bahkan, sebagaimana dilansir dari AFP, satu penderita corona di negara itu kini dikabarkan tewas..
  • Senin, 20 Januari 2020 - 17:40:47 WIB

    Heboh..! Ojek Online Dilarang Beroperasi di Filipina

    Heboh..! Ojek Online Dilarang Beroperasi di Filipina MANILA, HARIANHALUAN.COM-– Mulai pekan depan, di seluruh wilayah Filipina ojek online dilarang beroperasi.  Ojek online dianggap ilegal dan akan ditindak dengan cara penyitaan sepeda motor jika tetap beroperasi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]