Tigonagari Expo 2019, Genjot Perekonomian Masyarakat


Ahad, 15 Desember 2019 - 21:30:11 WIB
Tigonagari Expo 2019, Genjot Perekonomian Masyarakat Anggota DPRD Sumbar, Sabar AS bersama Wabup Pasaman Atos Pratama hadiri malam penutupan Tigonagari Expo 2019. YUDHI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pagelaran Tigonagari Expo 2019, di Kecamatan Tigonagari, Kabupaten Pasaman resmi berakhir. Event yang digelar selama tiga hari itu mampu menyedot animo masyarakat dan menghadirkan banyak pelaku usaha. 

Anggota DPRD Sumatera Barat, Sabar AS mengapresiasi digelarnya Tigonagari Expo tersebut. Apalagi, event sebesar itu digagas oleh para generasi muda setempat melalui organisasi Ikatan Keluarga dan Alumni (IKA) SMPN Tigonagari. 

"Alhamdulillah, bisa hadir pada acara Tigo Nagari Expo yang perdana dilaksanakan. Ini merupakan terobosan positif untuk mengungkit ekonomi masyarakat di Tigonagari, juga Pasaman khususnya," ungkap politikus Partai Demokrat ini, Minggu (15/12).

Gagasan dari generasi muda dalam upaya menciptakan ekonomi kreatif (Ekraf) dengan membangkitkan kearifan lokal berupa promosi kesenian tradisional, seperti randai, ronggeng, silek dan begitu juga promosi makanan tradisional berupa Apam (sarabi) patut diapresiasi. 

Sebab, hal tersebut dapat menimbulkan multi player efek. Menggairahkan ekonomi dan meningkatnya transaksi jual beli serta membuka peluang usaha dan bisnis baru. 

"Terobosan ini sangat strategis karena bertumbuh dari bawah (bottom up) sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat. Event semacam ini harus kita dukung bersama. Tak terkecuali Pemda Pasaman," tukasnya.

Event pengenalan budaya, kuliner dan pariwisata lokal di kecamatan paling Barat Kabupaten Pasaman ini ditutup oleh Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, Sabtu (14/12) malam. Ribuan masyarakat tampak hadir memadati lapangan sepak bola Abdul Karim, tempat digelarnya acara. 

Tigonagari Expo 2019 adalah kegiatan inovatif generasi muda yang digagas oleh Ikatan Alumni (IKA) SMP Negeri Tigonagari untuk kali pertamanya. 

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, ajang Tigonagari Expo  merupakan ajang promosi sekaligus mengingatkan masyarakat akan adat budaya yang harus tetap dilestarikan oleh masyarakat. 

"Selain promosi ada hal yang bisa dilestarikan, yaitu adat tradisi. Untuk itu, atas nama Pemda Kabupaten Pasaman sangat mengapresiasi digelarnya event Tigonagari Expo ini," ujarnya. 

Berbagai adat budaya dan kesenian tradisional khas Tigonagari, kata dia, diperkenalkan ke khalayak. Selain itu juga kuliner apam (serabi) dan sejumlah destinasi wisata andalan. 

"Selama tiga hari ini, event Tigonagari juga memamerkan berbagai produk unggulan UMKM dari tiap-tiap nagari. Disini juga ditampilkan budaya lokal mangapam sebanyak 1.000 buah, serta ronggeng juga," katanya. 

Wabup berharap, kegiatan tersebut terus dipertahankan untuk menjaga kelestarian nilai-nilai budaya, kuliner dan pariwisata yang dimiliki oleh kecamatan Tigongari.

"Meski tahun perdana diselenggarakan, Tigonagari Expo sangat sukses dilaksanakan. Harapan saya, kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahunnya," ujarnya. (h/yud)

loading...
Reporter : YUDHI LUBIS /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]