Awasi Pilkada, Bawaslu Siapkan Mahasiswa Agen Of Social Control


Senin, 16 Desember 2019 - 15:07:18 WIB
Awasi Pilkada, Bawaslu Siapkan Mahasiswa Agen Of Social Control Salah seorang mahasiswa STAI YDI Lubuksikaping, peserta sosialisasi saat menyampaikan pertanyaan kepada para narasumber sosialisasi pengawasan Pilkada 2020.YUDHI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman kembali menggelar sosialisasi pengawasan Pilkada tahun 2020, Senin (16/12). Sosialisasi kali ini menyasar mahasiswa di daerah itu. 

Sosialisasi pengawasan Pemilu kali ini mengusung tema, "saatnya mahasiswa ambil peran sebagai agen of social control dalam pengawasan partisipatif Pilkada serentak tahun 2020."

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita mengatakan, sosialisasi itu sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi publik dalam pengawasan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Selain mahasiswa, kami juga mengajak kelompok masyarakat, komunitas seni untuk ikut ambil bagian dalam pengawasan Pilkada serentak,” ungkap Rini usai acara. 


Pelibatan mahasiswa dalam pelaksanaan Pilkada, kata dia, tidak hanya untuk meningkatkan partisipasi pemilih, akan tetapi juga menjadi pelopor dalam kegiatan pengawasan. 

"Meskipun mereka tidak masuk dalam tim pengawas, setidaknya ikut mengawal proses pilkada berjalan dengan lancar," ujarnya.

Untuk itu, Rini berharap mahasiswa turut mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat. Mahasiswa, kata dia, juga harus menggunakan hak suaranya.


"Alasan lain melibatkan mahasiswa, karena mereka adalah kaum muda yang enerjik. Kepentingannya belum banyak dan memiliki banyak waktu luang," katanya.


Bawaslu, kata dia, akan membekali mahasiswa bagaimana melakukan pengawasan sekaligus cara pelaporan ketika terjadi kecurangan dalam pelaksanaan pilkada nanti.


"Mahasiswa yang merupakan bagian dari masyarakat juga berhak mengawasi kinerja Bawaslu. Hal ini penting dilakukan, agar kinerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu tidak melenceng," ucapnya. 


Salah seorang mahasiswa peserta sosialisasi, Rocky mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Bawaslu Pasaman. Sebab, kegiatan ini menjadikan mahasiswa mendapatkan pemahaman dan kepedulian dalam Pemilu yang partisipatif.


"Kami siap melakukan pengawasan dan siap mengawasi Pilkada tahun 2020 mendatang sebagai agen of social kontrol dalam pengawasan partisipatif Pilkada," ujar Mahasiswa semester 5, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI YDI Lubuksikaping ini. 


Hadir, Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sumbar, Nurhaidayetti, Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Mesrawati, Kordiv Penindakan dan Hukum, Kristian, Kasek Bawaslu Refki Mukhliza serta puluhan mahasiswa STAI YDI Lubuksikaping. (h/yud)

loading...
Reporter : YUDHI LUBIS /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 15:36:23 WIB

    Sudah Dilantik, Najmuddin PhD Ajak Publik dan Media Awasi Kinerja Anggota DPR dan DPD RI

    Sudah Dilantik, Najmuddin PhD Ajak Publik dan Media Awasi  Kinerja Anggota DPR dan DPD RI PADANG,HARIANHALUAN.COM-Pelantik berjalan lancar dan aman.  Anggota  DPR  dan DPD RI hasil Pemilu 2019  mulai berkantor Gedung 'Kura-kura', Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta sejak hari ini, Selasa  (1/10). Mereka harus.
  • Rabu, 14 Agustus 2019 - 14:22:48 WIB

    Menuai Protes! Pengurus Baru KPI akan Awasi Penggunaan Netflix Hingga Youtube

    Menuai Protes! Pengurus Baru KPI akan Awasi Penggunaan Netflix Hingga Youtube JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pengurus baru Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) periode 2019-2022  melahirkan kebijakan baru.  KPI tidak hanya melakukan pengawasan media konvesional. Melainkan juga akan mengawasi media baru yang me.
  • Selasa, 16 April 2019 - 20:10:31 WIB

    Nasrul Abit Instruksikan 134.000 ASN Awasi Serangan Fajar

    Nasrul Abit Instruksikan 134.000 ASN Awasi Serangan Fajar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menginstruksikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumbar mengawasi praktik politik uang lewat " serangan fajar" jelang pencoblosan Pemilu 17 April.
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 11:15:39 WIB

    Pol PP Sumbar Terus Mengawasi LGBT

    Pol PP Sumbar Terus Mengawasi LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM--Meski payung hukum penanggulangan aktivitas LGBT di Sumbar masih dalam pembahasan, Dinas Pol PP-PK Sumbar tetap melakukan pengawasa. Bahkan pada pertengahan November lalu, Pol PP Sumbar telah mengama.
  • Kamis, 07 Desember 2017 - 23:41:53 WIB

    Pemda Awasi Pertumbuhan Keramba

    Pemda Awasi Pertumbuhan Keramba AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam bakal membangun sejumlah pos penjagaan guna mengantisipasi penambahan jumlah keramba di Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]