Siap-siap! Mau Ada Sayembara Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru


Senin, 16 Desember 2019 - 15:25:28 WIB
Siap-siap! Mau Ada Sayembara Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) telah selesai dilakukan. Saat ini proses sayembara sedang memasuki tahap seleksi.

Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga mengatakan, dari semua karya peserta yang masuk kini menyisakan sekitar 30 desain dan akan disaring menjadi 5 desain.

"Sekarang sudah 30 dan menuju 5 (desain)," kata Danis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (16/12/2019).

Danis menjelaskan, setelah sayembara tersebut selesai tidak menutup kemungkinan akan ada sayembara kedua khusus untuk desain kawasan pemerintahan seperti istana kepresidenan. Pasalnya, desain-desain yang ada sekarang belum secara spesifik meliputi bangunan-bangunan yang ada pada kawasan ibu kota baru.

"Belum (termasuk konsep istana). Ini baru urban desain, basic konsep. Nanti ini harus dikembangkan lagi menjadi master plan. Nanti ada khusus misalnya kluster ibu kota pemerintahan, di dalamnya ada lagi istana, mungkin ke depan harus kita sayembarakan lagi," pungkasnya.

Danis menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) Selasa besok. Dalam kesempatan itu, Jokowi bakal mengecek lahan yang akan digunakan sebagai pusat pemerintahan. Hal ini seiring dengan penetapan Sepaku sebagai lokasi pusat ibu kota baru.

"Waktu itu kan pas awal-awal masih belum (ditentukan). Sekarang kan sudah ditentukan lokasinya di Sepaku itu. Beliau ingin lebih spesifik ke daerah situ," ujar dia.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 13 September 2020 - 08:08:21 WIB

    Siap-siap! BLT Subsidi Gaji Gelombang 3 Cair Besok

    Siap-siap! BLT Subsidi Gaji Gelombang 3 Cair Besok HARIANHALUAN.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pihaknya membutuhkan waktu untuk verifikasi data rekening 3,5 juta pekerja penerima bantuan langsung tunai (BLT) yang telah diberikan oleh BPJS-TK..
  • Selasa, 01 September 2020 - 13:07:48 WIB

    Siap-siap! Tes SKB CPNS 153 Instansi Dimulai

    Siap-siap! Tes SKB CPNS 153 Instansi Dimulai HARIANHALUAN.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dimulai hari ini, Selasa (1/9/2020). "SKB hari ini hari pertama, dan akan berlangsu.
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 08:03:42 WIB

    Siap-siap! Pencairan Gaji ke-13 PNS Tinggal Hitung Hari

    Siap-siap! Pencairan Gaji ke-13 PNS Tinggal Hitung Hari HARIANHALUAN.COM - Hanya dalam hitungan hari lagi, gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan cair. Pasalnya Pemerintah telah memastikan pembayaran Gaji ke-13 bagi seluruh PNS, Prajurit TNI dan Polri dilakukan pada Agustus 20.
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 09:20:53 WIB

    Siap-siap! Warning Bos IMF: Kita Memasuki Fase Krisis

    Siap-siap! Warning Bos IMF: Kita Memasuki Fase Krisis HARIANHALUAN.COM - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menghadiri pertemuan virtual menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara anggota G20 akhir pekan ini. Dalam sebuah perny.
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 08:58:27 WIB

    Siap-siap! Gaji Pegawai dan Karyawan Bakal 'Menyusut' Gara-gara Ini

    Siap-siap! Gaji Pegawai dan Karyawan Bakal 'Menyusut' Gara-gara Ini HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera. PP ini diteken dan diundangkan pada 20 Mei 202.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]