HKDSB Bukittinggi Helat Turnamen Walikota Cup 1 Disabilitas


Senin, 16 Desember 2019 - 21:33:29 WIB
HKDSB Bukittinggi Helat Turnamen Walikota Cup 1 Disabilitas Kepala Disparpora Erwin Umar,  main catur bersama penyandang Disabilitas usai membuka Turnamen Walikota CUP 1 Disabilitas di Sport Hall Atas Ngarai, Senin (16/12). GATOT

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Sekitar 250 orang penyandang disabilitas dari 6 kabupaten/kota di Sumbar, mengikuti Turnamen Walikota CUP 1 Disabilitas selama dua hari di  Kota Bukittinggi, Senin-Selasa (16-17/12).

Turnamen yang diselenggarakan oleh Himpunan Komonitas Disabilitas Sumatera Barat (HKDSB) Cabang Kota Bukittinggi ini,  dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittinggi yang diwakili kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Erwin Umar di Sport Hall Atas Ngarai Bukittinggi, Senin (16/12).

Ketua HKDSB Cabang Kota Bukittinggi Dedi Fatria, didampingi Ketua Panitia Pelaksana Refriza mengatakan, Turnamen Walikota Cup 1 Disabilitas tahun 2019 mempertandingkan sejumlah cabang olahraga. Diantaranya  Lari Estafet Autis, Lari 80-100 Meter Tuna Netra dan Daksa (Junior-Senior), Lari 100 Meter-200 Meter Tuna Rungu (Junior-Senior),  Catur Tuna Netra dan Autis,  Tenis Meja Tuna  Grahita, Futsal Tuna Rungu dan Bocce Down Syndrom.

Turnamen Walikota Cup I Disabilitas diikuti sebanyak 250 peserta  sahabat disabilitas dari 6 kabupaten/kota di Sumbar,  seperti Bukittinggi, Agam, Padang, Payakumbuh, Limapuluh Kota, dan Pasaman. Kegiatan turnamen dilaksanakan pada dua lokasi, yakni Sport Hall Atas Ngarai, dan Lapangan Bola Atas Ngarai.

“Turnamen yang kita laksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi yang ke-235 tahun 2019. Turnamen disamping memperebutkan sejumlah hadiah, juga memperebutkan Trophy Walikota Bukittinggi,” ujar Dedi Fatria, yang juga merupakan anggota DPRD Kota Bukittinggi ini.

Menurutnya, anggaran untuk Turnamen Walikota Cup I Disabilitas ini berasal dari  dana Pokirnya selaku anggota DPRD Bukittinggi, yang dianggarkan melalui Disparpora sebesar Rp 100 Juta untuk tahun anggaran 2019.  Turnamen yang diselenggarakan sebagai upaya penguatan dan pemenuhan hak-hak  penyandang Disabilitas, sehingga nantinya  tidak ada lagi diskrimanasi dan kriminalisasi dalam bentuk apapun terhadap penyandang disabilitas.

“Turnamen ini sekaligus menindaklanjuti Perda Disabilitas Kota Bukittinggi, dan launching kartu Disabilitas pada 2020 mendatang. Hingga saat ini, jumlah penyandang disabilitas yang terdata di Kota Bukittinggi sebanyak 540 Disabilitas,” tukas anggota Komisi I DPRD Bukittinggi ini.

Sementara itu Kepala Disparpora Bukittinggi Erwin Umar menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya turnamen Walikota Cup I Disabilitas yang diselenggarakan oleh (HKDSB) Cabang Kota Bukittinggi. Menurutnya, turnamen ini dapat menjadi wadah bagi penyandang disabilitas untuk menyalurkan bakat dan hobinya di bidang olahraga.

“Saat ini penyandang disabilitas mendapat kesempatan untuk  mengikuti pertandingan-pertandingan, baik itu di tingkat daerah, provinsi maupun nasional. Meski  dari fisik mereka mengalami kekurangan, namun dari segi potensi dan bakat yang mereka  miliki tidak boleh kita abaikan. Untuk itu Pemko Bukittinggi mendukung kegiatan-kegiatan disabilitas yang dilaksanakan,” ujar Erwin Umar. (h/tot)

loading...
Reporter : GATOT /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]