Elektabilitas Gibran Rakabuming Hanya di Posisi ke- 2


Selasa, 17 Desember 2019 - 07:41:27 WIB
Elektabilitas Gibran Rakabuming Hanya di Posisi ke- 2 Gibran Rakabuming Raka

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lembaga survei Median merilis survei terkait Pilwalkot Surakarta (Solo) 2020 dan menyebut putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, berada di posisi kedua soal elektabilitas. PDIP pun menjadikan hasil survei Median tersebut salah satu pertimbangan dalam menentukan calon yang bakal diusung di Pilwalkot Solo.

"Iya (jadi pertimbangan). Itu salah satu alat untuk membuat ukuran. Tapi saya kasih tahu, bahwa yang namanya survei itu bersifat dinamis," kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto, Senin (16/12/2019) malam.

Bambang, yang juga Ketua DPD PDIP Jawa Tengah mengatakan hasil survei bisa berubah seiring waktu. Menurutnya, hasil survei bisa berubah berdasarkan gerakan yang dilakukan para bakal calon.

"Dia bergerak dari waktu ke waktu atas dasar aksi yang dilakukan dari para calon atau para paslon yang bersangkutan mereka bergerak, berdialektika bahkan dari dialektika itu pasti muncul dinamika. Dalam dinamika tersebut bisa muncul romantika, nah kalau romantikanya nanti kemudian menjadi romantika yang bisa membangun sebuah euforia, wah itu luar biasa. Ini praktis sebetulnya belum ada pergerakan signifikan, ini masih berupa tabungan kegiatan yang lain," ujar Bambang.

Median melibatkan 800 orang responden dengan margin of error +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender. Survei ini dilakukan pada 3 Desember-9 Desember yang lalu.(*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 02:10:25 WIB

    Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Tinggi untuk Pilpres 2024

    Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Tinggi untuk Pilpres 2024 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Lembaga Riset Indonesia Political Opinion (IPO) membuat hasil survei tokoh -tokoh politik muda untuk maju dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024. Dalam survei IPO tersebut Ma.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]