BKKBN dan Pemko Pariaman Jalin Kerja Sama


Selasa, 17 Desember 2019 - 13:08:22 WIB
BKKBN dan Pemko Pariaman Jalin Kerja Sama Kepala Perwakilan BkkbN Sumatera Barat bersama Walikota Pariaman saat menandatangani MoU. TIO

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) melakukan perjanjian MoU dengan Pemerintah Kota Pariaman tentang Sistem Informasi Geografi Pendataan Keluarga melalui aplikasi Devinfo Pemerintah Kota Pariaman, Jumat (13/12) malam, di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman.

Pada perjanjian tersebut, BkkbN yang diwakili oleh Kepala Perwakilan BkkbN Sumatra Barat, Syahruddin menandatangani langsung MoU bersama Wlikota Pariaman, Genius Umar yang disaksikan oleh tamu undangan.

Tamu undangan yang turut hadir pada malam itu yakni Kepala Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala daerah Kabupaten Kota, 
Bupati Walikota se-Sumatera Barat dan sejumlah Forkopimda Provinsi dan Kota Pariaman.

Dalam kesempatannya, Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan, Semoga dengan kerjasama antara Pemerintah Kota Pariaman dengan BkkbN bisa membawa manfaat terhadap perkembangan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Indonesia khususnya di Sumatra Barat.

"MoU ini merupakan kerjasama Pemerintah Kota Pariaman dengan BkkbN Pusat untuk peningkatan Program KKBPK berbasis Geografi Informasi Sistem (GIS) yang mana data yang diimput akan mudah diaplikasikan dengan GIS tersebut," ujar Genius. 

Dia menjelaskan, ini merupakan pilot Projek tentang peningkatan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga di Kota Pariaman, fasilitasi implementasi dan pelatihan tenaga pengelola dalam Sistem Informasi Geografi Pendataan Keluarga melalui Aplikasi Devinfo di Kota Pariaman serta penguatan penyediaan data dan informasi keluarga.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BkkbN Sumbar, Syahruddin mengatakan, nota Kesepahaman ini merupakan permintaan langsung Walikota Pariaman kepada BKKBN Pusat dan ini merupakan dasar dari nota Kesepahaman ini dan nantinya akan ditindak lanjuti ketingkat Pemerintah Provinsi dan OPD. 

"Harapan kita MoU pertama kalinya ini akan diikuti oleh Kabupaten dan kota di Sumbar demi kemajuan program KKBPK di Sumbar, karena dengan memakai aplikasi ini data yang didapat lengkap," ujar Syahruddin. 

Kegiatan tersebut juga bertepatan dengan acara gala dinner dalam rangka menyambut puncak Hari Nusantara Tingkat Nasional 2019 di Kota Pariaman. (h/mg-tio)

 

loading...
Reporter : Tio /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]