MENUJU PILKADA SUMBAR 2020

Asril Das, Siap Mengabdi Menjadikan Sumatera Barat Provinsi yang Terdepan


Selasa, 17 Desember 2019 - 13:33:35 WIB
Asril Das,  Siap Mengabdi Menjadikan Sumatera Barat  Provinsi yang Terdepan Asril Das untuk Sumatera Barat yang terdepan.

PADANG,HARIANHALUAN.COM-"Sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain,  dan Sebaik-baiknya  perantau  adalah  yang berguna  bagi kampung halamannya." Itulah  tekad, dan komitmen yang  ingin dilabuhkan Asril Das di ranah Minang, Sumatra Barat ini, dengan mendaftar  untuk menjadi Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumbar pada Pilkada 2020 mendatang.

Kesungguhan itu bahkan  langsung Ia buktikan dengan tidak saja mendaftarkan ke satu partai, tapi juga ke banyak partai.  Asril Das  telah mendaftar ke Partai NasDem Sumbar. Selain ke Partai NasDem, ia  juga mendaftar ke PPP, PKB, dan PDIP.

Siapa pun tahu, Asril Das adalah perantau yang sukses sebagai pengusaha sekaligus sosok yang  selama ini punya kepedualian besar  terhadap sesama perantau,  dan  terhadap masyarakat  di ranah Minang. Inilah  yang membuat ribuan perantau Minang  memberikan amanah kepada Asril Das menjadi  Ketua Umum Gebu Minang Jawa Barat.

Kepedulian yang besar Asril Das untuk membangun dan menjadikan Sumbar sebagai  provisi terdepan itu pula  yang membuat  banyak kalangan dari sejumlah Ninik Mamak, Ali Ulama, Cendekiawan, politisi  hingga  kaum milenial menggugah dirinya untuk bersedia maju ke ajang Pilkada Sumbar 2020.

Harapan yang besar pada Asril Das  itu  telah mereka buktikan dengan  bermai-ramai  mendampingi Asril Das mendaftar  untuk menjadi Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumbar pada Pilkada 2020 mendatang.

"Alhamdulillah, hari ini ada empat parpol yang saya datangi. Selain tim sukses dari kalangan milenial dan senior, adik saya Johardi Das juga ikut mengantar saya mendaftar. Rencananya saya juga mendaftar ke Golkar dan partai lainnya," kata Asril Das, Senin lalu.

Di Partai NasDem, Asril Das diterima oleh Sekretaris DPW Nasdem Sumbar Muzmaizer Datuak Gamuak, Wakil Ketua DPW Nasdem Masful, dan sejumlah pengurus lainnya. 

Usai mendaftar ke NasDem, Asril Das bersama rombongan kemudian menuju Sekretariat DPW PPP.

Setiba di sekretariat partai berlambang Ka'bah itu, Asril Das dan rombongan diterima Sekretaris DPW Syafril Huda dan sejumlah pengurus. Usai mendaftar di PPP, pria asal Kotobaru, Kabupaten Solok itu kemudian mengunjungi Sektetariat DPD PDIP, dan setelah itu mendaftar ke PKB.

Usai mendaftar sebagai bakal Cagub dan Cawagub, pengusaha sukses yang juga Ketua Umum Gebu Minang Jawa Barat itu kepada wartawan mengatakan bahwa dirinya ikut maju pada Pilkada Sumbar, karena ingin memberikan sumbangsih pemikirannya terhadap pembangunan Provinsi Sumbar.

"Saya termotivasi maju, karena ingin membangun Sumbar yang lebih baik dari segala aspek, terutama ekonomi, apalagi saya seorang pengusaha/enterpreneur. Mudah-mudahan latar belakang saya ini bermanfaat untuk kemajuan Sumbar ke depan," ujarnya saat itu.

Maju pada Pilkada 2020 di Sumbar, tambah Asril Das, bukan serta merta untuk meramaikan perpolitikan Ranah Minang untuk lima tahun ke depan, tapi merupakan kehendak dari seluruh lapisan masyarakat Sumbar, baik di ranah maupun di perantauan.

"Bahkan, berbagai kelompok masyarakat Ranah Minang juga menginginkan saya untuk maju pada Pilkada Sumbar, termasuk dukungan dari Gebu Minang yang disertai oleh doa dan ikhtiar saya secara pribadi untuk membangun Sumbar lebih baik," ungkap Ketua Umum Gebu Minang Jawa Barat itu.

Memiliki banyak usaha, dan sukses. Itulah Asril Das. Tak hanya itu, persoalan mengurus tiga anaknya (dua peremuan, satu lelaki), juga  boleh disebut sudah Ia  finalkan.

Anaknya yang sulung  tamat akt UI dan S2 di Inggris,pengalaman kerja di  Semen Indonesia, Garuda, dan kini dosen UNPAD yang sekarang menempuh  program Phd di Australia, suaminya dari  Muara Labuah dosen NHI yang sekarang sedang S3 perhotelan di Hongkong.
Anak kedua memenag Grand Asrilia,berpendidikan  S2 perhotelan Swiss,  pengalaman kerja hotel Kraton Jakarta, dan Hotel Trans Bandung. Suami kepala cababang BTN di Jakarta.

Dan, yang  ketiga laki, yang pada 20 Desember wisuda S2 di Inggris, ia dan istrinya  sama-sama wisuda bernilai summa cumlade, tdiak berhenti di situ, pendidikannya berlanjut S3 dengan mencari beasiswa.

Tentang putra-putrinya itu Asril Das sudah menyiapkan segalanya . "InshaAllah,  untuk hidup mereka sudah ambo siapkan baik ilmu maupun harta, ada hotel 13 lantai  dengan 300 kamar serta sarana lain. Yang penting mereka kompak," ujarnya.

Menurut Asril Das,  sekarang  tingal menjawab,  “Untuk  apa hidup Anda yang tersisa?" 

Karena, "Sebaiknya manusia adalah yang berguna bagi banyak orang" , maka saya  serius ingin mengabdi di Sumatra Barat,  ingin mewujudkan mimpi-mimpi, cita-cita, dan tekad mulia. Saya  insya Allah siap dunia akhirat," ujarnya.

Semua kita tahu  Sumbar punya banyak  bahan tambang, pertanian subur, alamnya pun  terindah se dunia. Kenapa tidak kita coba bersungguh-sungguh mengembangakannya.

"Siapa yang mau menurut saya jadikan tangan kanan.  Mari kita terbangkan Sumbar menjadi propinsi terdepan di Indonesia. Sumbar harus dinakhodai oleh Interpreneur, yang punya nyali dan berani mencoba. Insya Allah, atas izin Allah akan dimudahkan jalannya. Aamiinnn,"  pungkasnya. (dn/met)

loading...
Reporter : Met/Dn /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]