Benarkah Senam Kegel Juga Penting untuk Pria?


Selasa, 17 Desember 2019 - 13:47:55 WIB
Benarkah Senam Kegel Juga Penting untuk Pria? Ilustrasi

LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Senam kegel pria adalah latihan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah atau pubococcygeus (PC). Ada beragam manfaat yang sering disebut dari senam kegel pada pria. Salah satunya bisa bikin pria perkasa karena ereksi yang tahan lama. Benarkah begitu?

Senam kegel diyakini dapat memperkuat otot bulbocavernosus (otot panggul bawah) yang bertugas untuk mempertahankan aliran darah ke penis selama ereksi, memompa saat ejakulasi, dan membantu mengosongkan uretra setelah buang air kecil.

"Saya kira, secara teori, jika otot-otot dasar panggul anda lebih kuat. Maka ketika ejakulasi, itu mungkin akan semakin jauh (lama). Atau mungkin posisi seksual tertentu sedikit lebih mudah dilakukan lebih lama, jika anda memiliki dasar panggul yang kuat," kata Dr Jamin Brahmbhatt, ahli urologi di Orlando Health South Lake Hospital, dikutip dari Fatherly.

Sebuah penelitian terhadap 55 pria, usia rata-rata 59 tahun, menemukan bahwa mereka yang melakukan latihan kegel selain melakukan perubahan gaya hidup sehat seperti berolahraga lebih banyak, menurunkan berat badan, dan mengurangi minuman keras memiliki fungsi ereksi yang jauh lebih baik setelah tiga bulan dibandingkan mereka yang hanya membuat perubahan gaya hidup.

Hasil terbaik dari senam kegel pria bisa didapat jika dilakukan secara rutin, yaitu 2 kali sehari. Kegel bisa dilakukan satu sesi di pagi hari dan satu sesi di malam hari. Satu sesi terdiri dari 10-30 kontraksi, disertai dengan sesi relaksasi. Setiap sesi berlangsung selama 10 detik, terbagi menjadi 5 detik kontraksi dan 5 detik relaksasi. Untuk mendapatkan manfaat senam kegel ini, pria perlu bersabar. Umumnya, dibutuhkan waktu 3-4 bulan hingga terasa efeknya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]