120 KK Kurang Mampu Sawahlunto Terima Bantuan


Selasa, 17 Desember 2019 - 18:33:26 WIB
120 KK Kurang Mampu Sawahlunto Terima Bantuan TERIMA BANTUAN - Salah seorang warga menerima bantuan ternak kambing. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 120 kepala keluarga (KK) kurang mampu di Sawahlunto kembali menerima bantuan ternak dari pemerintah daerah setempat. Periode 12 - 16 Desember 2019, 120 KK tersebut diberikan bantuan ternak kambing, ayam dan itik.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Lelis Efriyenti mengatakan, untuk ternak ayam dibantu sebanyak 40 KK, kemudian ternak itik dibantu 60 KK, sementara untuk ternak kambing dibantu 20 KK.

"Selain ternaknya, kita juga bantu bahan pembuatan kandang. Untuk ayam dan itik itu juga diberikan bantuan pakan," kata Lelis.

Untuk menerima bantuan sebutnya, sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, yakni mulai dengan survey lapangan terkait calon penerima serta melakukan pelatihan bagi yang akan menerimanya.

"Kita juga memantau pengadaan ternaknya, agar didapat bibit ternak sehat dan berkualitas," katanya.

Sementara Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat meninjau kesejumlah penerima bantuan tersebut berharap, ternak yang dibantu itu dapat berkembang dengan baik sehingga mampu memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat tersebut.

Walikota juga berpesan, program bantuan ternak ini adalah amanah untuk menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat. 

"Bagi masyarakat merawat ternak inilah amanahnya. Rawat dengan benar karena, ternak ini baru bermanfaat dan bisa kita ambil keuntungan kalau sudah berkembangbiak. Kuncinya, bagaimana kesabaran dan ketelatenan bapak dan ibu dalam menjaga dan merawat ternak ini," ujarnya.

Tidak sekedar memberikan bantuan ternaknya saja, Walikota juga menyebutkan, bahwa sipenerima bantuan juga dibekali dengan pelatihan, sehingga memiliki bekal ilmu dan keterampilan dasar untuk merawar dan menjaga ternak tersebut.

"Kami tidak ingin hanya sekedar memberi bantuan ternak saja, tapi juga ada pelatihannya. Kemudian untuk bahan kandang dan makanan ternaknya juga kita bantu. Kepada penyuluh juga diinstruksikan agar mendampingi masyarakat penerima bantuan ini," katanya.

Salah seorang masyarakat penerima bantuan ternak itik, Rusdam mengaku senang akhirnya ternak bantuan untuknya telah sampai. Rusdam berkomitmen akan menjaga dan merawat ternaknya dengan baik sehingga dapat banyak berkembang biak.

"Kalau dengan membeli sendiri, saya tidak punya modal. Dibantu oleh Pemko ini barulah bisa saya menjadi peternak. Semoga bisa sabar dan telaten merawatnya sehingga beranak pinak dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga," ujarnya. (h/rki)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 April 2020 - 20:22:52 WIB

    120 Paket Sembako dari Masyarakat Tionghoa Diserahkan untuk Warga Nunang Daya Bangun

    120 Paket Sembako dari Masyarakat Tionghoa Diserahkan untuk Warga Nunang Daya Bangun PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Lurah Nunang Daya Bangun (NDB) menginformasikan kepada dunsanak baik di kampung maupun yang ada di perantauan, Selasa (28/4), Kelurahan NDB mendapatkan bantuan dari masyarakat Tionghoa Payakumbu.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 18:04:03 WIB

    Tahun Ini, Sumbar akan Inseminasi 120 Ribu Ekor Sapi

    Tahun Ini, Sumbar akan Inseminasi 120 Ribu Ekor Sapi PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sumbar Erinaldi menyebutkan akan ada 120 ribu ekor indukan sapi yang ada di Sumatera Barat akan diberikan Inseminasi Buatan (IB) atau kawin s.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:04:12 WIB

    Tanah Datar Targetkan Rehab 1.120 Rumah Tahun Ini

    Tanah Datar Targetkan Rehab 1.120 Rumah Tahun Ini TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap) merupakan program inovasi Dinas Sosial Kabupaten Tanah Datar yang dilaunching 2017 lalu tidak dapat berjalan baik dan sukses tanpa duk.
  • Kamis, 02 Juni 2016 - 14:03:18 WIB

    120 Pedagang di Agam Dapat Bantuan dari Dinsosnakertrans

    AGAM,HALUAN -- Sebanyak 120 pedagang mendapat bantuan peralatan dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Agam, untuk mengembangkan dan mensejahterakan usaha para berdagang..
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 17:51:57 WIB

    Harga Daging di Sawahlunto Capai Rp120 Ribu per Kilo

    Harga Daging di Sawahlunto Capai Rp120 Ribu per Kilo SAWAHLUNTO, HALUAN - Heboh naiknya harga daging sapi di beberapa wilayah di Indonesia jelang masuknya bulan Ramadan tahun ini, ditanggapi biasa biasa saja oleh pedagang dan warga Sawahlunto.Jika di beberapa wilayah tersebut h.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]