Pembangunan Jalan Alternatif Pessel - Kabupaten Solok Segera Dimulai


Selasa, 17 Desember 2019 - 18:49:03 WIB
Pembangunan Jalan Alternatif Pessel - Kabupaten Solok Segera Dimulai BUPATI Pessel Hendrajoni dalam pertemuan dengan masyarakat Kecamatan Bayang Pessel M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Setelah melalui penantian yang cukup panjang, pembangunan jalan alternatif Kabupaten Pessel dengan Kabupaten Solok segera terwujud. Pembangunan jalan provinsi yang menghubungkan 2 daerah bertetangga itu ditarget tuntas 2021. Hal ini disampaikan Bupati Hendrajoni, Selasa ( 17/12).

Dikatakan, pada tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran Rp12 miliar dan akan dilanjutkan pada tahun 2020 sebesar Rp70 miliar melalui dana APBN. Pihaknya mengakui pembangunan jalan alternatif tersebut terkesan lamban yang diawali 2017 lalu. “Namun kini pekerjaanya terus dikebut. Saat ini sebagian badan jalan sudah dilakukan pengespalannya,” sebut bupati.

Pemkab Pessel telah menyampaikan secara lansung kepada pihak Presiden RI, agar jalan alternatif yang menghubungkan kedua daerah diambil alih oleh pusat. Alhamdulillah permintaan itu terkabul. Pada tahun 2020 Pemerintah pusat mengalokasikan lanjutan pembangunan jalan tersebut. Pihaknya merasa optimis pekerjaaan jalan sepanjang 49 kilometer tuntas pada 2021 mendatang.

Menurut Hendrajoni, pembangunan jalan alternatif tersebut sangat memberikan dampak positif terhadap perkembangan pembangunan dan perekonomian masyarakat. Apalagi kedua daerah bertetangga yaitu, Kabupaten Pessel dengan Kabupaten Solok sama memiliki potensi wisata yang dapat dibanggakan dan berbagai potensi lainnya.

“Yang lebih mengembirakan, terbukanya jalan alternatif provinsi tersebut, hubungan lalulintas dapat diperpendek. Masyarakat Pessel tidak perlu lagi mengunakan jalan melingkar yang jarak jauh dengan masa tempuh yang cukup lama,” lanjut Hendrajoni.

Sementara itu, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pessel, Era Sukma Munaf mengatakan, jalan Pessel melalui Kabupaten Solok ini dibutuhkan anggaran sebesar Rp477 miliar dengan rincian untuk pembangunan fisik jalanya Rp332 miliar, dan sisanya sebesar Rp45 miliar untuk pembangunan jembatan. (h/mjn)

loading...
Reporter : M Joni /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]