Akan ke Mesir Bulan Ini, Menambah Panjang Kunjungan IP ke LN 2018-2019


Rabu, 18 Desember 2019 - 08:42:34 WIB
Akan ke Mesir Bulan Ini, Menambah Panjang Kunjungan IP ke LN 2018-2019 Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR-RI asal Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade, mengkritik Irwan Prayitno, gubernur asal daerah pemilihannya yang sering bepergian keluar negeri. Namun hal itu tak menyurutkan niat Irwan untuk melakukan kunjungan kerja luar negerinya.

Kepada wartawan, Irwan mengaku akan ke Mesir akhir bulan (Desember) ini. Tak hanya bulan ini, sepanjang ada peluang untuk kerja sama dengan luar negeri dan meningkatkan investasi, ia akan datang ke belahan dunia manapun.

"Pokoknya setiap ada peluang akan datang. Sebenarnya ada satu lagi yang mau pergi, yaitu ke Mesir. Rencananya akhir bulan ini. Kita sudah janji dengan Grand Syaik Al-Azhar, didukung dari Ketua MUI dan Pesantren disini untuk meningkatkan jumlah siswa dari Sumatera Barat masuk ke Al-Azhar," kata Irwan usai acara Launching Rencana Merger Bank Perkreditan Rakyat di Padang, Sumatera Barat, Selasa (17/12/2019).

Kata Gubernur Irwan, ia diminta hadir bertemu Grand Syaikh guna upaya menambah kuota bagi pelajar asal Sumatera Barat yang ingin menimba ilmu di Al-Azhar.

"Nah itu, bagus gak tu. Kalau gak datang gimana? Menambah anak-anak kita kuota jumlah," tuturnya.

Lantas kenapa harus gubernur yang ke Mesir. Atas pertanyaan itu, Irwan menjawab karena gubernur membawa nama Sumatera Barat.

"Saya bisa saja menyerahkan kepada Sekda atau Kepala Biro Bintal, ya gak dilihat, karena yang dilihat itu gubernur. Itu contoh. Dalam MoU. Tanda tangan, saat ini sedang berlangsung 8 item tanda tangan di Korea Selatan. Alhamdulillah, bisa Pak Sekda, maka Pak Sekda yang pergi," ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Haluan, Irwan Prayitno memiliki sejumlah agenda ke luar Negeri selama periode 2018-2019. Rinciannya, pada 25 Maret 2018 silam, suami Nevi Zuariana itu bersama rombongan melakukan serangkaian kegiatan pertemuan bisnis Chicago, Amerika Serikat.

Tak lama setelah itu, pada 26 Apri Gubernur kembali melakukan kunjungan kerja ke Jepang, dalam rangka Bussines Metting dengan target pengusaha tuna di Jepang dan sektor lainnya.

Kemudian, pada 27 Juni hingga 1 Juli 2018, Irwan Prayitno terbang ke Maroko dalam rangka memperkuat kerjasama bidang pedagangan dan pendidikan selain menghadiri forum ekonomi di Kota Fez-Meknes (FMEF).

Selanjutnya, pada 3 Agustus, Gubernur Sumbar menjajaki Rusia, lantaran terlibat dalam Russia-Indonesia Business Forum di World Trade Center Moscow.

Lalu, pada 2 September, pria yang akrab disapa IP itu menghadiri acara Expose Potensi Investasi Sumbar di dalam Forum Bisnis Indonesia-Brunai. Sedangkan, pada 12 September 2018, IP hadir pada Opening Ceremony 15 th China - Asean Expo, China-Asean Business & Investmen Summit di Naning. Guangxi, RRT.

Masih pada bulan yang sama, IP kembali menghadiri kegiatan Indonesia Australia Bisnis Summit, yang merupakan agenda tahunan dari Kedubes RI, tepatnya pada 25 September 2018.

Pada 17 Oktober, Irwan Prayitno dengan beberapa OPD terbang ke Italia mencari investor Pertanian, dan Peternakan serta Pariwisata. Lalu, pada penghujung tahun, 3- 9 Desember 2018 rombongan gubernur kembali terbang ke Italia dalam rangka promosi budaya dan pariwisata, penjajakan kerjasama investasi dan pendidikan.

Sementara pada 24-30 Maret 2019, Irwan bersama rombongan terbang ke Jepang demi memenuhi undangan Kishi Group, Perfectur Tokushima membahas rencana kerja sama dalam pengolahan limbah industri dan rumah tangga sekaligus mempromosikan beberapa potensi dan peluang investasi kepada investor

Berikutnya, pada 23 hingga 29 Mei 2019 Irwan bersama rombongan ASN Pemprov Sumbar bertolak ke Belanda. Kehadiran mereka dalam rangka kegiatan Tong-Tong Fair (TTF) ke-61 sekaligus penjajakan investasi melalui temu bisnis dengan pelaku usaha.

Selanjutnya pada 16 hingga 22 Juni 2019, Irwan bersama rombongan ke Inggris dan Skotlandia. Guna memberikan kuliah umum sekaligus penjajakan kerja sama di bidang pengelolaan sumber daya hutan.

Kemudian, Irwan bersama rombongan terbanga ke Azerbaijan pada 1-7 Juli 2019. Dalam rangka mengikuti Sidang Komite Warisan Dunia ke-43. Lalu, pada 9-11 Juli 2019, Irwan bersama rombongan ke Malaysia untuk menjadi Pembicara Panel dalam acara Simposium Internasional ke-11.

Sedangkan, pada 29 Juli-4 Agustus 2019 Irwan memboyong rombongan ke Rusia, dalam rangka berpartisipasi pada festival Indonesia ke-4 di Moskow. Pada 1-4 September 2019, mereka ke Yordania dalam rangka menghadiri resepsi diplomatik, dan berpartisipasi pada kegiatan Business meeting serta penjajakan kerjasama dengan para pengusaha, investor, dan pemerintah daerah.

Lalu, 9-14 September 2019 Irwan bersama rombongan berkunjung ke Thailand. Tujuannya, untul melakukan Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IMT-GT ke 25. Setelah itu, 22-28 Oktober 2019, Irwan dan rombongan ke Myanmar dalam rangka mempromosikan dan memasarkan Produk Unggulan daerah pariwisata, seni dan budaya Sumbar.

Kemudian, Irwan bersama rombongan berkunjung ke Amerika Serikat pada 31 Oktober-6 November 2019. Dalam rangka mengiukuti kegiatan 2nd Annual Indonesian Festival 2019. Setelah itu, Irwan bertolak ke Singapura pada 18-21 November 2019 mengikuti kegiatan Rising Fellowship Programme.

Terbaru, Irwan memboyong rombongan ke Kolombia pada 10-16 Desember 2019. Dalam rangka menghadiri kegiatan Fourteenth Seassion of the Intergovernmental Committee for the Safe Guarding of The Intangible Cutural Heritage.(milna/dtc)

loading...
Reporter : milna /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]