Humas Dharmasraya Terbitkan Rilis Pers Tak Larang Umat Beribadah


Rabu, 18 Desember 2019 - 10:33:47 WIB
Humas Dharmasraya Terbitkan Rilis Pers Tak Larang Umat Beribadah Bupati Dharmasraya Sutan Riska

PULAUPUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -  Bagian Humas Pemkab Dharmasraya menerbitkan relis pers menyikapi pemberitaan sejumlah media online yang memberitakan adanya larangan perayaan Natal di daerah tersebut.

Berikut isi lengkap relis pers tersebut, yang diterima Harianhaluan.com, Rabu (18/11). 


PERS RELIES BAGIAN HUMAS, SETDA KABUPATEN DHARMASRAYA

RABU 18 DESEMBER 2019

Terkait adanya pemberitaan beberapa media online yang mengangkat isu pelarangan merayakan Natal di dua kabupaten (Sijunjung dan Dharmasraya) bagi umat kristiani dengan ini dapat kami jelaskan sebagai berikut :

1. Pemkab Dharmasraya secara resmi tidak pernah melakukan pelarangan terhadap warga yang melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

2. Pemkab Dharmasraya menghargai kesepakatan antara tokoh masyarakat Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung dengan umat Kristiani yang berasal dari warga transmigrasi di Jorong Kampung Baru, dimana kedua belah pihak sepakat dengan tidak adanya larangan melakukan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing masing di rumah masing masing. Namun jika harus melaksanakan ibadah yang sifatnya berjamaah atau mendatangkan jamaah dari tempat lain, maka harus dilakukan di tempat ibadah yang resmi dan memiliki izin dari pihak terkait.

3. Pemkab Dharmasraya menghindari adanya konflik horizontal antara pemeluk Kristiani di Jorong Kampung Baru dengan ninik mamak Nagari Sikabau, sebagaimana pernah terjadi pada tahun 1999 lalu, karena akan mengakibatkan kerugian di keduabelah pihak.

4. Pemkab Dharmasraya mendorong langkah damai dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, dan juga memfasilitasi tercapainya penyelesaian yang baik antara keduabelah pihak.

5. Adapun surat Walinagari Sikabau yang tidak memberi izin untuk penyelenggaraan hari natal, itu bukan merupakan pelarangan melaksanakan ibadah perayaan hari natal, melainkan hanya pemberitahuan bahwa sebelumnya telah ada kesepakatan, untuk tidak melaksanakan ritual peringatan natal secara berjamaah maupun mendatangkan jamaah dari luar wilayah.

Demikian siaran pers ini dibuat untuk kita maklumi bersama.

Kabag Humas Setda Kabupaten Dharmasraya

Ttd
BUDI WALUYO, S.PKP   (*)
 

loading...
 Sumber : rel /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]