Hargai Kesepakatan Persama di Nagari Sikabu, Pemkab Dharmasraya Tidak Pernah Melarang Perayaan Natal


Rabu, 18 Desember 2019 - 10:58:18 WIB
Hargai Kesepakatan Persama di Nagari Sikabu, Pemkab Dharmasraya Tidak Pernah Melarang Perayaan Natal Budi Waluyo (FB)
DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM– Pemerintah Kabupaten Dharmasraya  secara resmi tidak pernah melakukan pelarangan terhadap warga yang melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing- masing.
 
Penegasan itu disampaikan  terkait adanya pemberitaan beberapa media online yang mengangkat isu pelarangan merayakan natal di dua kabupaten (Sijunjung dan Dharmasraya) bagi umat kristiani.
 
"Pemkab Dharmasraya secara resmi tidak pernah melakukan pelarangan,"  tegas Kabag Humas Pemkab Dharmasraya Budi Waluyo, S.PKP dalam keterangan kepada harianhaluan.com, Rabu ini (18/12/2019)
 
 Pemkab Dharmasraya juga  menghargai kesepakatan antara tokoh masyarakat Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung dengan umat Kristiani yang berasal dari warga transmigrasi di Jorong Kampung Baru, dimana kedua belah pihak sepakat dengan tidak adanya larangan melakukan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing masing di rumah masing masing.
 
"Namun jika harus melaksanakan ibadah yang sifatnya berjamaah atau mendatangkan jamaah dari tempat lain, maka harus dilakukan di tempat ibadah yang resmi dan memiliki izin dari pihak terkait,"  tegasnya.
 
Budi  menyatakan,  Pemkab Dharmasraya sangat menghindari adanya konflik horizontal antara pemeluk Kristiani di Jorong Kampung Baru dengan ninik mamak Nagari Sikabau, sebagaimana pernah terjadi pada tahun 1999 lalu, karena akan mengakibatkan kerugian di keduabelah pihak.
"Pemkab Dharmasraya mendorong langkah damai dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, dan juga memfasilitasi tercapainya penyelesaian yang baik antara keduabelah pihak," pungkasnya. (dn/rl).

loading...
 Sumber : Rel /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 21:00:19 WIB

    Menkes Ajak Warga Hargai Kebijakan Arab Saudi

    Menkes Ajak Warga Hargai Kebijakan Arab Saudi MALANG, HARIANHALUAN.COM - Menkes Terawan Agus Putranto memastikan kondisi jemaah umroh asal Indonesia sehat. Ia mengajak masyarakat menghargai kebijakan Arab Saudi yang menyetop umroh..
  • Rabu, 23 Januari 2019 - 19:13:33 WIB

    Ganti Rugi Tanah Dihargai Seharga Ayam Potong, Warga Kasang Demo

    Ganti Rugi Tanah Dihargai Seharga Ayam Potong, Warga Kasang Demo PADANG, HARIANHALUAN.COM — Merasa tidak puas atas harga ganti rugi tanah yang telah ditetapkan, puluhan warga pemilik lahan di Nagari Kasang, Kabupaten Padang Pariaman yang terkena dampak pembangunan tol Padang Pariaman-Pek.
  • Jumat, 09 Juni 2017 - 19:12:44 WIB

    Terkait Kasus dr Fiera, Pemko Solok Hargai Proses Hukum

    Terkait Kasus dr Fiera, Pemko Solok Hargai Proses Hukum SOLOK, HARIANHALUAN.COM— Terkait masalah indikasi persekusi yang dituduhkan terjadi di Kota Solok,Pemerintah Kota Solok mendukung sepenuhnya proses hukum yang sedang dilaksanakan oleh Kepolisian. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]