Menangis Bisa Mengatasi Lima Masalah Kesehatan Ini, Apa Saja Ya?


Rabu, 18 Desember 2019 - 12:50:25 WIB
Menangis Bisa Mengatasi Lima Masalah Kesehatan Ini, Apa Saja Ya? ilustrasi menangis

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Menangis ternyata tidak hanya bentuk ungkapan perasaan sedih, terharu, dan bahagia. Menangis juga bisa membantu kita mengatasi beberapa masalah kesehatan fisik dan psikologis. Sayangnya, orang seringkali melihat atau menilai bahwa tangisan adalah bentuk kelemahan seseorang. 

Akhirnya, banyak orang yang mungkin berusaha menahan air matanya agar tidak terlihat lemah. Padahal air mata itu justru memberikan manfaat di luarnya. Seperti yang dilansir dari brightside.com, berikut ini manfaat kesehatan dari menangis.

1. Mengatasi stres
Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa menangis bisa membantu seseorang lebih rileks selama periode stres. Menangis memang tidak memberikan efek secara langsung. Namun, beberapa menit kemudian Anda akan merasa tubuh lebih rileks. Menurut peneliti, menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS) yang memiliki fungsi untuk menenangkan otak kita.

2. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius, seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, demensia, dan gagal ginjal. Namun menurut beberapa penelitian, menangis bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mengontrolnya.

3. Akumulasi racun
Air mata yang mengalir bisa membersihkan puing-puing seperti asap dan debu di mata. Ketika menangis, air mata juga akan membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh kita karena stres. Penghapusan racun ini membantu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh. Oleh karenanya, menangis bisa menghasilkan suasana hati yang lebih ringan. Jadi, tidak heran jika kita sering merasakan beban hilang setelah menangis.

4. Perubahan suasana hati
Perubahan suasana hati seperti agresif, cemas, dan jengkel dapat terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya adalah akumulasi mangan dalam tubuh. Saat kita menangis, kelebihan mangan ini akan mengalir keluar dari tubuh bersamaan dengan air mata. Jadi, itu akan membuat Anda merasa lebih tenang dan fokus.

5. Mengatasi nyeri
Air mata juga bisa membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh. Penelitian telah menemukan bahwa menangis membantu melepaskan oksitosin dan endorfin. Zat kimia ini membuat orang merasa baik dan juga meringankan rasa sakit fisik serta emosional. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]