Sutan Riska: Notaris Punya Kontribusi Besar Membangun Dharmasraya


Rabu, 18 Desember 2019 - 14:15:35 WIB
Sutan Riska: Notaris Punya Kontribusi Besar Membangun Dharmasraya Bupati Sutan Riska hadiri Konfereda Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Dharmasraya  di Hotel Jakarta Pulau Punjung, Rabu (18/12/19). HUMAS

DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM- Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Dharmasraya menggelar Konferensi Daerah  di Hotel Jakarta Pulau Punjung, Rabu (18/12/19). Konferensi yang digelar dalam rangka pemilihan Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Dharmasraya itu turut dihadiri Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 

Dalam sambutannya, Bupati Sutan Riska atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Konferensi Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Dharmasraya. Bupati berharap, dari konferensi ini dapat terpilih pimpinan dan jajaran pengurus yang amanah dalam menjalankan visi dan misi organisasi profesi notaris.

Diakui bupati, keberadaan notaris mempunyai kontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Dharmasraya, terutama dalam peningkatan PAD. Yakni dalam bentuk pajak dari Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan yang dibebankan pada saat balik nama sertifikat. 

"Hingga pertengahan Desember 2019 ini, setidaknya telah ada 1.747 berkas BPHTB yang masuk, dengan nilai angka lebih kurang Rp 2,5 milyar. Untuk itu, kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas kerjasama para notaris dalam peningkatan PAD di Kabupaten Dharmasraya," ujar bupati. 

Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan perihal pelayanan atau jasa notaris yang dirasakan oleh masyarakat Dharmasraya, khususnya dalam hal tarif jasa atau honorarium. Dikatakan bupati, saat ini antara notaris yang satu dengan notaris yang lainnya mempunyai tarif yang berbeda-beda, tergantung tingkat kepopulerannya. Semakin dikenal, semakin tinggi tarif jasanya.

"Untuk itu, melalui forum Ikatan Notaris Kabupaten Dharmasraya yang akan dipilih kepengurusannya pada hari ini, kami berharap penyeragaman tarif layanan menjadi program kerja pengurus yang terpilih. Sehingga jasa notaris dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan," harap bupati. 

Selain itu, bupati juga berharap kepengurusan Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Dharmasraya nantinya juga mempunyai program dalam memberikan pelayanan notariatan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tidak mampu, sebagai salah satu wujud fungsi sosialnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimda, Kepala BPN Dharmasraya, Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Ketua Notaris, Ketua PPAT dan Ketua Bidang Organisasi Pinwil Sumbar.(hms)

 Sumber : Humas /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM