Orangtua Panik, Biaya Rumah Sakit Sentuh Angka Rp15 Juta

Lampu Minyak Meledak, Balita Asal Agam Ini Terbakar


Rabu, 18 Desember 2019 - 14:56:28 WIB
Lampu Minyak Meledak, Balita Asal Agam Ini Terbakar Balita bernama Otra tertahan di RSUP DR. M. Djamil Padang lantaran biayanya pengobatannya yang mencapai Rp15 juta belum dilunasi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Malang nasib yang dialami oleh Hartono. Akibat lampu minyak di rumahnya meledak, sang anak yang masih berusia 2 tahun terpaksa mengalami luka bakar di sekujur tubuh. Balita bernama Otra itu harus menanggung penderitaan ditambahkan dengan tagihan Rp15 juta dari rumah sakit pasca perawatan Otra. 

Informasi yang dihimpun harianhaluan.com, peristiwa itu bermula saat Hartono menyalakan dua buah lampu minyak untuk menerangi seisi rumahnya pada malam hari. Hal itu dilakukan karena keluarga Hartono yang tergolong miskin memang tidak memiliki aliran listrik di rumahnya yang berada di daerah Lubuk Basuang, Kabupaten Agam. 

Nahas, salah satu lampu minyak yang dinyalakan ternyata meledak dan apinya menyambar Otra yang berada tak jauh dari lampu minyak. Balita itu pun mengalami luka bakar di sebagian wajah dan nyaris sekujur tubuhnya. Hartono kemudian membawa anak keempat dari lima bersaudara itu ke RSUP DR. M. Djamil Padang untuk mendapat penanganan. 

Otra lalu menjalani perawatan di rumah sakit milik pemerintah tersebut. Lima hari berselang, Otra sudah dibolehkan pulang oleh tim dokter. Namun, Hartono panik. Dia dikagetkan oleh tagihan rumah sakit yang mencapai Rp15 juta. Tagihan sebesar itu ternyata karena Otra tercatat menjalani perawatan sebagai pasien umum dengan tanggungan pribadi, bukan tanggungan BPJS Kesehatan.

Hartono merasa bingung. Ia yang sehari-hari berprofesi sebagai petani ini jelas tak sanggup melunasi biaya sebesar itu. “Sudah boleh pulang. Nggak punya BPJS,” ujar Hartono ditemui di beranda rumah sakit, Rabu (18/12).

Kini, Hartono berharap ada uluran bantuan dari masyarakat untuk melunasi tagihan tersebut. Ia juga berharap pemerintah daerah ikut meringankan penderitaannya. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]