Berbulan-bulan Tak Digaji, Karyawan PT IA Demo Kantor Bupati Pasbar


Rabu, 18 Desember 2019 - 16:03:33 WIB
Berbulan-bulan Tak Digaji, Karyawan PT IA Demo Kantor Bupati Pasbar RATUSAN karyawan PT Inkud Agritama demo di kantor bupati Pasbar menyampaikan keluhannya perihal hak tak ditunaikan perusahaan. OSNIWATI

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Ratusan karyawan PT Inkud Agritama berbulan -bulan tak terima gaji mengadu ke Bupati Pasbar Yulianto. Mereka mengeluhkan kehidupan mereka terlantar karena tidak menerima gaji tersebut.

Sebanyak 140 orang lebih karyawan tersebut tidak pernah penuh menerima haknya sebagai karyawan di perusahaan yang telah ditentukan aturannya. Hak gaji UMR, hak THR, hak BPJS kesehatan, dan BPJS ketenagakerjaan.

Koordinator Lapangan Anton di depan Bupati Pasbar Yulianto dan di depan tim pengamanan menyampaikan persoalan tunggakan hak tersebut sudah berbulan-bulan terjadi.

"Tolonglah kami pak, tolonglah kami buk, kami dianiaya sebagai karyawan, hak kami hampir 1,5 tahun tidak dituntaskan. Kemana lagi kami akan mengadu kalau bukan kepada pimpinan kami, bupati kami," kata Anton.

Menurut mereka, persoalan ini sudah lama terjadi namun tak kunjung ada penyelesaian. Jika di total hak mereka tidak dibayarkan oleh perusahaan mencapai Rp10 miliar.

"Perusahaan terus memberikan janji-janji manis kepada karyawan. Bagi karyawan yang tidak bersabar akan di tekan dan di PHK," kata Anton.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh karyawan tersebut. Mendatangi kantor Disnaker, mendatangi kantor-kantor stakeholder yang dianggap bisa menolong karyawan yang teraniaya.

"Kami masih bertahan, karena berbagai alasan. Selain itu, kami ingin mendaftar ke perusahaan lainnya, kami masih terdaftar di perusahaan PT Inkud Agritama di BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan," ulas Anton.

Bupati Pasbar Yulianto menyampaikan bahwa Dia bersama tim akan berusaha menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut. Pihaknya juga akan menemui pihak perusahaan dan membawa persoalan demo dan tuntutan ke perusahaan.

"Kami berjanji akan menyelesaikan persoalan-persoalan ini dengan baik. Batas waktu akhir Desember ini akan kita maksimalkan," kata Yulianto.

Yulianto juga mengajak stakeholder untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut. Karena banyak yang terlibat dalam persoalan perusahaan dengan karyawan. (h/ows)

 

loading...
Reporter : osniwati /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]