Masyarakat Nagari Guguak Malalo Gelar Syukuran


Rabu, 18 Desember 2019 - 22:09:40 WIB
Masyarakat Nagari Guguak Malalo  Gelar Syukuran Masyarakat bersama aparatur pemerintah makan bersama sebagai ujud rasa syukur. FERI MAULANA

TANAH DATAR,HARIANHALUAN.COM-Masyarakat Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan terutama masyarakat dan anggota Keserasian Sosial (KS) Jorong Baiang sangat bersyukur dan bergembira atas selesainya program KS dari Kemensos RI yaitu perbaikan tali bandar Talago Lintah.

Hal ini diungkapkan Ketua KS Guguak Malalo Armanto di hadapan Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yuhardi disaksikan 120 anggota dan masyarakat saat Dialog Tematik II dan  peresmian Tali Bandar Talago Lintah, Rabu (18/12) di Masjid Taufiq Jorong Baiang. 

Armanto mengungkapkan, perbaikan tali Bandar Talago Lintah yang dimulai beberapa waktu lalu atas bantuan Kemensos RI dan Dinas Sosial Tanah Datar telah terselesaikan 100%. “Sebenarnya kami membutuhkan perbaikan tali bandar ini sepanjang 2000 meter. Alhamdulillah dari program KS kami memperoleh bantuan Rp.150 juta dan kami pergunakan untuk perbaikan tali bandar Rp.100 juta sepanjang 250 meter. Sedangkan Rp.50 juta dana sisanya untuk kegiatan peningkatan SDM,” ujarnya. 

Berangkat dari hal itu Armanto juga berharap ke depannya ada bantuan-bantuan lain yang bisa dilaksanakan di daerahnya, terutama tambahan untuk perbaikan tali bandar Talago Lintah. “KS dan masyarakat kami mengedepankan moto "ka bukik samo mandaki, ka lurah samo manurun, saiyo sakato mangko manjadi dalam bekerja, karena itu ke depannya kami juga berharap ada bantuan-bantuan lain dari APBN maupun APBD untuk tambahan perbaikan tali bandar ini ataupun dalam penanggulangan kemiskinan melalui Dinas Sosial Tanah Datar,” tukasnya. 

Sementara itu, Bupati diwakili Kadis Sosial Yuhardi menyampaikan, program KS oleh Kemensos RI dilaksanakan di samping meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga diharapkan membantu dalam penanganan konflik sosial dalam masyarakat. 

“Program KS ini salah satu program Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial dan menciptakan tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dalam kebersamaan. Perbaikan tali bandar Talago Lintah ini merupakan contoh pelaksanaan program ini yang dilaksanakan dengan goro, sehingga semakin tercipta rasa kebersamaan dan rasa memiliki,” kata Yuhardi. 

Ia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga rasa kebersamaan dan semangat gotong royong yang telah terbina selama pelaksanaan program KS. “Alhamdulillah, tali bandar sudah selesai diperbaiki, manfaatkan dengan adil jangan sampai memicu konflik, serta rawat sebaik-baiknya dengan kebersamaan untuk kemaslahatan kita bersama,” ujarnya. (h/fma)

loading...
Reporter : FERI MAULANA /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]om