Cina Marah..! Hapus Ozil dari Game PES dan FIFA


Kamis, 19 Desember 2019 - 10:22:46 WIB
Cina Marah..! Hapus Ozil dari Game PES dan FIFA Unjuk rasa di Turki mendukung Mesut Ozil. Net
 
XINJIANG,HARIANHALUAN.COM-Cina mengeluarkan dan menghapus Gelandang Arsenal Mesut Ozil dari Pro Evolution Soccer (PES) versi 2020. Ini dilakukan sebagai balasan atas kecaman keras Ozil terhadap rezim China yang disebut telah menindas Muslim Uighur etnik, di wilayah barat Xinjiang.
 
Dilansir Republika Kamis dari Daily Mail, dalam cicitannya di Twitter dan Instagram, gelandang berkebangsaan Jerman dan keturunan Turki itu menyebut kaum Uighur sebagai pejuang yang menolak penganiayaan.
 
Hal itu dicicit Ozil usai membaca sebuah laporan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyebut lebih dari satu juta orang Uighur telah ditahan di kamp-kamp interniran.
 
Di sisi lain, pemerintah China dicurigai telah membakar Alquran dan menghancurkan masjid kaum etnik Uighur.  China pun membalas pernyataan tersebut melalui Kementerian Luar Negerinya. China menyebut Ozil telah 'dibutakan dan disesatkan' oleh laporan itu.
 
China juga telah mengambil langkah dramatis untuk membatalkan rencana liputan langsung pertandingan Arsenal melawan Manchester City.

Panel hak asasi manusia PBB mengatakan telah menerima banyak laporan yang dapat dipercaya bahwa satu juta etnis Uighur di China ditahan dalam apa yang menyerupai 'kamp interniran besar yang diselimuti kerahasiaan'.
 
Dokumen-dokumen rahasia yang dilaporkan oleh AP bulan lalu menunjukkan pemerintah China menggunakan pengawasan massal dan sistem komputasi terintegrasi untuk menargetkan Muslim dan Uighur yang saleh dan dipaksa untuk belajar bahasa Mandarin dan ideologi Komunis.

Tetapi penolakan China atas komentarnya terus berlanjut dengan menggandeng game PES di China. Lalu mengumumkan bahwa Ozil akan dihapus dari tiga versi game, termasuk PES 2020 Mobile yang populer. Dikabarkan, terdapat beberapa orang di China yang membakar dan mengotori baju yang memakai nama Ozil.(rep/dn)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 23:41:53 WIB

    Dramatis, Greysia/Apriyani ke Semifinal Kejuaraan Dunia 2019 usai Kalahkan Pasangan Cina

    Dramatis, Greysia/Apriyani ke Semifinal Kejuaraan Dunia 2019 usai Kalahkan Pasangan Cina JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Menang dramatis, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil lolos ke babak semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Ganda putri andalan Indonesia ini berhasil menaklukan Chen Qingchen/Jia Yifan de.
  • Sabtu, 21 Mei 2016 - 04:28:37 WIB

    Aston Villa Dibeli Pengusaha Cina

    Aston Villa Dibeli Pengusaha Cina Newcastle, Ha­luan — Meski musim depan dipastikan ter­degradasi ke Cham­pion­ship Division, Aston Vil­la tak sepi peminat. Pe­milik Villa, Randy Ler­ner, Kamis (19/5), menjual mayoritas saham klub ke pengusaha asal C.
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 04:12:16 WIB

    Adriano Batal ke Cina

    Adriano Batal ke Cina Milan, Haluan — Luiz Adriano tampaknya belum akan menuju pintu keluar AC Milan. Transfernya ke klub China, Jiangsu Suning, dikabarkan batal di tahap akhir negosiasi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]