SDIT Baitul Quran Panti Wisuda Sembilan Hafiz Quran


Kamis, 19 Desember 2019 - 13:24:07 WIB
SDIT Baitul Quran Panti Wisuda Sembilan Hafiz Quran Ketua Yayasan BQ Panti, Elfi Yenri, S.Pd, Kepsek SDIT BQ, Meyenni Fitri, para guru dan wisudawan/ti poto bersama usai acara. YUDI LUBIS

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Baitul Quran Panti, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman menggelar wisuda pertama untuk para penghafal Al-Qur'an, Kamis (19/12). Sebanyak sembilan anak diwisuda hafalan Quran 1 juz.

Wisudawan terbaik diraih oleh Zuhdi Alwi Hasibuan, anak dari Yulhadi Hasibuan, anggota Polsek Panti. Meraih nilai 96 pada penilaian munaqosah quran oleh para Dewan Hakim. 

"Kegiatan wisuda tahfiz 1 juz adalah kegiatan rutin. Wisuda ini akan dilaksanakan setiap bulan Desember setiap tahunnya. Ini adalah wisuda tahfiz pertama yang dilakukan di SDIT Baitul Quran. Siswa sudah hafal 1 juz di juz 30," kata Kepsek SDIT Baitul Quran Panti, Maiyenni Fitri. 

Selain melaksanakan program pendidikan reguler dan ilmu Al Quran, SDIT Baitul Quran juga membuka pondok quran setiap Sabtu-Minggu untuk umum. Pondok quran boleh diikuti oleh masyarakat luas. 

"Kami hadir ditengah masyarakat untuk mendidik putra putri di kecamatan ini untuk menjadi lebih baik dan mendidik anak-anak di kecamatan Panti jadi penghafal quran kelak," ujarnya. 

SDIT Baitul Quran ini berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Baitul Quran Panti, berdiri pada 2018. Saat ini sudah memiliki 53 siswa. Baru dua kelas, kelas satu 34 siswa dan kelas dua, 19 siswa. SDIT memiliki tujuh orang tenaga pendidik, lulusan strata satu ilmu pendidikan. 

Sementara Ketua Yayasan Baitul Quran, Elfi Yenri mengatakan, program pendidikan tahfiz di SDIT Baitul Quran sesuai dengan program visi misi Pemda Kabupaten Pasaman yang di tindak lanjuti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam kurikulum Tahfidz.
"Sembilan anak yang diwisuda hafal juz 30 Al Qur'an, berarti sudah hafal 37 surat," ujar Ketua Yayasan Baitul Quran, Elfi Yenri. 

Sejauh ini, kata dia, pihaknya masih bergantung pada sumbangan para donatur untuk operasional dan keberlangsungan pendidikan di SDIT. Sementara bantuan pendidikan dari pemerintah belum ada meski sekolah itu sudah berdiri dua tahun.

"Sekolah kita ini pak/bu belum menerima bantuan dana Boss dari pemerintah. Tapi, sudah terdaftar NISN nya, siswa dan guru kita juga sudah terdaftar dalam Dapodik. Kita sudah sama dengan sekolah negeri statusnya," katanya. 
Sejak berdiri, kata Enfri Yenri, sekolah itu sudah mewakili kecamatan untuk lomba tahfidz ditingkat kabupaten dan mendapatkan peringkat harapan I meski baru dua tahun berdiri. 

Hadir, Sekcam Panti, Korwil Pendidikan Kecamatan Panti, M Sahan, Kepala KUA Panti, Walinagari Panti, para Walimurid dan undangan lainnya. (h/yud)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]