Jembatan Penghubung di Nagari Koto Ranah Pessel Dibangun dengan Dana Desa


Kamis, 19 Desember 2019 - 15:05:05 WIB
Jembatan Penghubung di Nagari Koto Ranah Pessel Dibangun dengan Dana Desa MASYARAKAT Koto Ranah berhasil membangun jembatan gantung rangka baja untuk kelancaran transportasi dan pembangunan relokasi pemukiman penduduk setempat.  M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Koto Ranah, Kecamatan Bayang Utara (Bayu) Pessel berhasil membangun jembatan gantung  rangka baja sepanjang 45 meter dengan lebar 2 meter melintasi sungai Batang Bayang.

“Pembangunan jembatan gantung ini dimaksud untuk menghubungkan pemukiman penduduk ke daerah baru,” kata Wali Nagari Koto Ranah, Asrizal di damping Seknag Indra di nagari tersebut, Kamis (19/12).

Selain itu, pembangunan sarana perhubungan ini merupakan keingian masyarakat yang dituangkan  melalui musawarah nagari( musnag), guna kelancaran hubungan lalulintas. “ Selama ini masyarakat merasa kesulitan membawa hasil bumi berupa hasil pertanian dan perkebunan, akibat hubungan lalulintas  yang belum lancar, kondisi ini dapat diatasi,” ulasnya.

Menurutnya, daerah Nagari Koto Ranah Kecamatan Bayu merupakan salah satu daerah  yang padat penduduk.  Artinya, pembangunan akan sulit berkembang akibat  daerah ini di lingkungan daerah perbukitan. Guna pengembangan pembangunan, dibutuhkan relokasi ke daerah baru dengan  membangun jembatan Alahan Magek Koto Ranah Bayu melalui dana desa yang menghabiskan dana sebesar Rp420 juta  pada 2019.

Menurut Asrizal, akibat keterbatasan lahan yang ada, hal ini memicu masyarakat terlaksa merantau ke daerah lain untuk  mengadu nasib dengan berbagai aktifitas. Bahkan sebagian dari mereka sulit pulang  kampung.

“Dengan adanya  relokasi pemukiman masyarakat ini, akan memberikan dampak positif  terhadap masyarakat dan pemerintah daerah, setidaknya masyarakat akan merasa nyaman berusaha di kampung sendiri,” pungkasnya.

Pembangunan relokasi pemukiman tersebut, diharapkan kehidupan masyarakat akan semakin berkembang dan  ekonmi masyarakat akan semakin membaik. Masyarakat tidak perlu lagi harus merantau, cukup berusaha di kampung halaman sendiri. Pembangunan jembatan rangka baja  ini merupakan keinginan masyarakat Nagari Koto Ranah. (h/mjn)

loading...
Reporter : M Joni /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]