Gardu Induk Muara Labuh Beroperasi

PLN Jamin Tak Ada Lagi Pemadaman di Sumbar, Kecuali...


Kamis, 19 Desember 2019 - 19:18:29 WIB
PLN Jamin Tak Ada Lagi Pemadaman di Sumbar, Kecuali... Jajaran pimpinan PLN, Supreme Energy, Bupati Dharmasraya dan stockholder meresmikan syukuran Gardu Induk di Solsel.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tegangan Listrik (TL) dan Gardu Induk (GI) 150 kV Muaro Labuah, Kabupaten Solsel dengan menggunakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yakni panas bumi sudah dioperasikan. Hal itu ditandai dengan syukuran yang digelar oleh PT. PLN (Persero) Unit Induk Sumatera Bagian Tengah, Kamis (19/12).

Dengan pengoperasian ini, masyarakat di daerah Solok Selatan dan sekitarnya patut mensyukuri kehadiran Gardu Induk Muaro Labuah ini. Terutama untuk ketersediaan pasokan listrik yang memadai untuk masyarakat.

"Dengan ketersediaan listrik ini, kita optimis melakukan pembangunan selanjutnya bisa lebih cepat," tutur Direktur Bisnis PT PLN (Persero) Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto saat peninjauan Pengoperasian Tegangan Listrik dan Gardu Induk kV 150 Muaro Labuh, Kamis (19/12).

Penjelasan Wiluyo, beroperasinya Gardu Induk Muaro Labuah bukan hanya akan menggenjot investasi di Solok Selatan, tapi juga sampai ke Dharmasraya. Gardu Induk Muaro Labuah dengan kekuatan 150 kV ini akan mampu memenuhi kebutuhan listrik di dua kabupaten tersebut. 

Namum, pihaknya mengimbau agar semua elemen masyarakat turut menjaga jaringan listrik agar tidak pudur. Sebab, selama ini, matinya listrik bukan disebabkan kurangnya pasokan, tapi, karena adanya gangguan jalur distribusi atau transmisi, seperti adanya pohon tumbang atau ranting pohon yang menimpa kabel listrik.

Terkait pembangunan Gardu Induk Muaro Labuah ini, disebutnya tergolong cepat. Pasalnya, hanya membutuhkan 14 bulan sudah siap dioperasikan. Padahal pengerjaan proyeknya cukup besar yakni 100 KM Sirkuit, 300 tower dan 2 Gardu Induk.

Ia menjelaskan, pengelolaan kelistrikan dengan EBT Panas Bumi itu disediakan oleh Supreme Energy hingga kemudian didistribusikan oleh PLN ke masyarakat. Dari TL dan GI yang dikerjakan, jumlah tenaga listrik ini mampu mengaliri sekitar 31 ribu rumah masyarakat.

"Kami berharap, jika ada pohon yang mengganggu jalur listrik, tolong lapor ke kami untuk dipotong, agar tidak adanya pemadaman," imbaunya.

Sementara, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengapresiasi terjaminnya pasokan listrik dari PLN itu dengan harapan banyak masuknya investasi. 

Pihaknya mengimbau investor melirik daerahnya untuk bersinergi melakukan pembangunan negara dan bangsa. Apalagi berinvestasi di daerahnya tidak ada aturan yang memberatkan. 

"Kini kita sudah dijamin pasokan listrik, kalau dulu minta ampun, sering mati lampu. Sedang upacara mati lampu, bahkan tiga kali sehari lampu mati," ungkap Muzni mengutarakan ingatannya tentang pengalaman kurangnya pasokan listrik.

Pernyataan yang sama disampaikan Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda atas kehadiran Gardu Induk Muaro Labuah itu. Menurutnya, pasokan listrik ini menjadikan Solok Selatan satu langkah lebih maju dibanding sebelumnya. 

"Untuk menyambut teknologi industri 4.0, sangat membutuhkan pasokan listrik yang memadai. Terutama untuk menggenjot investasi," tutup Zigo.

Peresmian ini dihadiri oleh Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto, GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, Ketua DPRD Solok Ziko Rolanda, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, serta jajaran Forkopimda setempat. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]