Penanggulangan Bencana di Pasbar Perlu Sinergisitas Semua Pihak


Kamis, 19 Desember 2019 - 21:34:31 WIB
Penanggulangan Bencana di Pasbar Perlu Sinergisitas Semua Pihak Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana, Peningkatan dan Monitoring Program Kerja Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat, Kamis (19/12).

PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN -- Dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana alam yang tidak tahu kapan datangnya, BPBD Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengadakan kegiatan sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana, Peningkatan dan Monitoring Program Kerja Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat, Kamis (19/12).

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah melalui Kepala BPBD Pasbar, H. Edi Busti menyampaikan harapan dan dukungan seluruh pihak dalam mengantisipasi dan menghadapi setiap bencana yang ada di Pasbar. 

Di samping itu, ia juga berharap saran dan petunjuk apa saja yang akan lakukan dan apa yang perlu diperbaiki kedepannya sehingga sinergisitas antara semua stakeholder yang ada dapat meminimalisir dan mencegah bencana yang tidak diharapkan.

"Terimakasih atas kehadiran seluruh stakeholder dalam acara sosialisasi ini, kami baru beberapa hari menjabat di BPBD Pasbar dan masih harus banyak belajar. Kami juga sangat mengharapkan dukungan dari kita bersama demi meminimalisir bencana di Pasbar tercinta. Insyaallah kedepannya, Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Pasbar akan diresmikan oleh Bupati Pasbar," ujar Edi Busti.

Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Pasbar sekaligus anggota DPRD Pasbar, Adriwilza menyampaikan,

FPRB merupakan perkumpulan orang-orang yang mempunyai nawaitu yang ikhlas untuk kepentingan umat atau orang yang peduli terhadap bencana, tapi bukan berarti berharap datangnya bencana.

"FPRB merupakan perkumpulan orang-orang  mempunyai niat yang ikhlas untuk kepentingan umat, yang tentunya akan memikirkan langkah-langkah terhadap penanggulangan yang akan dilakukan sebelum bencana itu datang," ujarnya.

Ditambahkannya, Nagari dan Kecamatan merupakan sentuhan paling bawah yang data dan fakta bencana itu sendiri ada di nagari. Jadi, diharapkan kebersamaan dan kepeduliannya, karena tak bisa dipungkiri, Pasbar merupakan salah satu daerah rawan terjadinya bencana.

"Semoga FPRB ini bisa berjalan dengan baik, bermanfaat dan bernilai guna  untuk kepentingan umat. Jangan sampai kita ada tapi mati suri dan jangan sampai kita baru peduli setelah kita mengalami akan bencana itu," harapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Penanggulangan Resiko Bencana, Khalid Syaifullah dalam pemaparannya menyampaikan, Sumbar merupakan daerah yang tingkat bencana alamnya tinggi, yang tentunya bencana itu tidak bisa dihambat, tapi ada cara penanggulangannya.

"Kita memiliki tingkat bencana yang tinggi, termasuk Pasbar ini. Hal inilah yang perlu kita lakukan siap siaga karena bencana itu tidak bisa prediksi dan selalu mengintai kita kapan dan dimanapun itu," ujarnya.

Dijelaskannya, adapun bencana yang tidak bisa dicegah seperti, gempa, gunung berapi, tsunami dan lainnya. Sementara untuk bencana yang bisa dihindari seperti bencana banjir yang mungkin penyebabnya dikarenakan aktivitas yang tidak terkontrol dan kurang peduli lingkungan.

Maka dari itu, dia mengajak untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat menyebabkan penebalan rumah kaca yang akan mengakibatkan pemanasan global yang akan berdampak pada perubahan iklim.

"Mari kita tanggulangi bencana dengan tidak menggunduli hutan, terlalu banyak menggunakan listrik, menumpuk dan membakar sampah serta asap sepeda motor dan pabrik yang dapat menyebabkan pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim," jelasnya.

Namun, kesiapsiagaan adalah hal yang utama  karena setiap orang tidak tahu kapan bencana itu akan datang. "Tentunya penanggulangan itu harus disosialisasikan dan dilakukan bersama terutama melalui Forum FPRB ini," kata Khalid mengakhiri. (*)

loading...
Reporter : Fadli /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]