Gempa Goyang Bandung dan Maluku


Kamis, 19 Desember 2019 - 23:26:38 WIB
Gempa Goyang Bandung dan Maluku ilustrasi. (kompas.com)

JAKARATA,HARIANHALUAN.COM- Dalam waktu  yang tidak bersamaan, Kamis (19/12/2019),  Bandung dan Maluku  digoyang gempa bumi. Gempa pertama berkekuatan M 3,0 terjadi pada pukul 16.59 WIB mengguncang Bandung.

Menurut hasil analisis BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 7,27 LS dan 107,6 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km arah barat daya Kabupaten Bandung.

Gempa ini berada di kedalaman 10 kilometer. Gempa ini dirasakan masyarakat Pangelangan, Jawa Barat dalam skala intensitas I-II MMI. Pada kondisi ini getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan gempa kedua terjadi pada pukul 18.21 WIB mengguncang pulau Haruku, Maluku.

Menurut hasil analisis BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 3,57 LS dan 128,42 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 25 km arah barat Saparua.

Gempa ini berada di kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini dirasakan masyarakat Haruku, Maluku dalam skala intensitas II MMI. Pada kondisi ini getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(kps)

loading...
 Sumber : Kompas.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]