Longsor Terjang Solok, Tiga Rumah Warga Tertimbun Galodo


Jumat, 20 Desember 2019 - 11:18:49 WIB
Longsor Terjang Solok, Tiga Rumah Warga Tertimbun Galodo Kondisi Rumah Gadang yang dihantam longsor di Koto Sani, Solok.

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM -- Bencana tanah longsor kembali menghantam pemukiman warga di kabupaten Solok. Tiga unit rumah di jorong Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak nyaris rata dengan tanah akibat tertimbun longsoran bukit yang ada di daerah itu, Kamis (19/12) malam. 

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Solok, Armen kepada Haluan menyebutkan, peristiwa itu dipicu akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak selepas magrib.

“Kejadiannya sekitar pukul 23.30 WIB. Hujan yang mengguyur sangat deras, sehingga lereng perbukitan yang ada di sekitar pemukiman warga tersebut terban dan menghantam 3 rumah warga,” ujar Armen. 

Beruntung dalam peristiwa itu tak ada korban jiwa, karena sebelum terjadinya longsor, warga sudah mulai waspada dan berusaha mencari tempat aman.  

“Sebelum terjadinya longsor, warga yang berjaga-jaga telah melihat adanya tanda-tanda akan terjadi longsor. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam  musibah ini,” terangnya. 

Namun demikian, tiga rumah semi permanen dan satu Rumah Gadang milik warga luluh lantak diterjang longsor.  Pemilik rumah masing-masing Atri N, guru SDN 12 Koto Sani bersama 7 orang anggota keluarga, Jafri Gindo Kayo dan Aida bersama suaminya terpaksa mengungsi ke masjid Nurul Yaqin  Ujung Ladang dan musala terdekat. 

“Tak banyak barang yang bisa diselamatkan, karena longsor menerjang saat hujan deras menjelang tengah malam. Bahkan ada dua keluarga yang berhasil diselamatkan warga dalam kondisi nyaris tertimbun longsor,” ujarnya. 

Selain menerjang rumah warga, longsor juga menutup akses utama yang menghubungkan jorong Ujung Ladang ke pusat Nagari Koto Sani. Namun, warga bersama tim Tagana, TRC BPBD Kabupaten Solok, TNI dan Polri berhasil memindahkan material longsor secara manual. 

“Alhamdulillah, pagi ini jalur tersebut sudah bisa dilewati, sehingga distribusi logistic untuk membantu warga terdampak sudah bisa disalurkan,” kata mantan Camat Kubung ini.

Armen menambahkan, bantuan dari BPBD tersebut berupa terpal sebanyak 2 lembar, lauk pauk 6 paket, makanan tambahan  gizi sebanyak 6 paket, paket kesehatan keluarga 3box, perlengkapan sekolah SMA 2 paket, perlengkapan SMP 2 paket.  

“Paket siap untuk disalurkan kepada warga terdampak longsor 3  rumah tersebut. Selain itu juga ada paket bantuan dari Dinas Sosial kabupaten Solok. Semuanya kami bagikan pagi ini,” pungkas Armen. (*)

loading...
Reporter : Wandi Malin /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]