Waspada..!! Limapuluh Kota Dikepung Banjir, Nagari Taram Nyaris Terisolir


Jumat, 20 Desember 2019 - 18:43:52 WIB
Waspada..!! Limapuluh Kota Dikepung Banjir, Nagari Taram Nyaris Terisolir LOKASI banjir di Subarang Taram, kecamatan Harau, hari ini Jumat (20/12). IST

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM — Kabupaten Limapuluh Kota, sejak dinihari kemarin kembali diterjang banjir. Sedikitnya terdapat 9 kabupaten terdampak banjir akibat intensitas hujan yang tinggi semenjak Kamis (19/12) malam sampai Jumat (20/12) pagi.

Dampaknya, sejumlah sungai di kawasan Limapuluh Kota meluap, sehingga daerah tersebut, diterjang banjir lagi, Nagari Taram Kecamatan Harau, nyaris terisolasi dan longsor juga terjadi di Jorong Sialang Tungka, Kecamatan Setujuh Limo Nagari.

Menurut data yang dioeroleh, sedikitnya ada sembilan kecamatan di Limapuluh Kota yang diterjang banjir kemarin yakni, Kecamatan Kapur IX, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kecamatan Guguak, Kecamatan Harau, Kecamatan Payakumbuh, Kecamatan Mungka, Kecamatan Luak, dan Kecamatan Pangkalan Koto Baru.

Kejadian banjir di Kecamatan Kapur IX terdapat pada dua nagari yang terdampakr, yaitu Nagari Koto Lamo dan Nagari Galugua. Sedangkan di Kecamatan Lareh Sago Halaban, terdapat pada tiga nagari yang terdampak banjir yaitu, Nagari Batu Payuang, Nagari Balai Panjang dan Nagari Bukik Sikumpa.

Banjir di Nagari Balai Panjang itu, terjadi pada tiga jorong, Tareh, Kampung Pondok dan Jorong Kubang Rasau. Banjir Yang terjadi di Jorong Tareh dan kampung pondok karena meluapnya sungai dari kaki bukit. Sedangkan di Jorong Kubang Rasau akibat luapan sungai Batang Sinamar," sebut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol, Jumat (20/12) siang.

Di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, tepatnya di Nagari Tungka Jorong Sialang, terjadi longsor yang menutup badan jalan sepanjang 15 meter dengan ketinggian satu sampai tiga meter. “Alat berat sudah diturunkan dan sudah berada di lokasi, Bupati Irfendi Arbi sudah berada di kokasi dan material longsor mulai dibersihkan kemarin, tidak berakibat korban jiwa,” ulasnya.

Untuk Kecamatan Akabiluru ada dua kejadian yakni, banjir di Nagari Suayan dan Nagari Sariak Laweh. Kemudian banjir di Nagari Simpang Sugiran, Kecamatan Guguk. Sementara itu, banjir yang terjadi di Kecamatan Harau di tiga nagari, Sarilamak, Taram dan Batu Balang. Kecamatan Luak di Nagari Andaleh, Kecamatan Pangkalan Koto Baru berada di Nagari Tanjung Pauah dan Nagari Koto Alam.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Joni Amir yang dihubungi wartawan sekitar pukul 15.00 WIB terpisah mengatakan, sampai saat ini tim TRC masih di lapangan untuk memantau dan membantu warga yang terdampak banjir. “Sejauh ini belum diperoleh data kerugian warga yang ditimbulkan banjir maupun warga yang mengungsi dari rumahnya,”sebut Joni Amir.

Sementara itu warga Taram Afriadi yang dihubungi menyebut, banjir kali ini lebih parah dari banjir sebelumnya yang terjadi baru baru ini. Dampaknya hubungan Taram-Payobasung terputus, jalan di lokasi banjir tak bisa dilewati kendaraan roda empat maupun truk. Sedangkan hubungan ke Nagari Taram-Bukik Limbuku juga terkendala satu titik jalan juga digenangi banjir, sehingga nagari tersebut nyaris terisolasi. (h/zkf)

loading...
Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 10:44:44 WIB

    WASPADA..!! Virus Jembrana Mulai Menyerang Sapi di Solsel

    WASPADA..!! Virus Jembrana Mulai Menyerang Sapi di Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kembali ditemukan dugaan penyakit Jembrana pada Sapi bali di Solok Selatan (Solsel). Dua ekor Sapi tertular, satu ekor mati dan satu Sapi lagi masih dalam kondisi sakit di Nagari Talao, Kecam.
  • Ahad, 22 Desember 2019 - 18:37:34 WIB

    Waspada..!! Tiga Titik di Jalan Sumbar-Riau Terancam Longsor Besar

    Waspada..!! Tiga Titik di Jalan Sumbar-Riau Terancam Longsor Besar LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Meningatkan curah hujan akhir-akhir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Limapuluh Kota menghimbau kepada pengguna jalan Sumbar-Riau untuk terus berhati-hati melintasi jalur te.
  • Ahad, 24 November 2019 - 00:53:33 WIB

    Waspada..!! Akses Jalan Sumbar-Riau Lumpuh Total

    Waspada..!!  Akses Jalan Sumbar-Riau Lumpuh Total LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Bukit 17 yang berada di Jorong Koto Marapak, Bagari Persiapan Hulu Air, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dilaporkan longsor dan menimbun badan jalan sepanjang kura.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]