Pertolongan Pertama Motor Terendam Banjir


Sabtu, 21 Desember 2019 - 12:36:30 WIB
Pertolongan Pertama Motor Terendam Banjir Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Musim hujan rentan sekali terjadi banjir yang dapat menyebabkan beberapa orang mengalami kerugian. Contohnya saat hujan melanda kawasan Senayan, Jakarta Selatan pada Selasa (17/12/2019) lalu. Tak sedikit sepeda motor terendam banjir.

Untuk mengurangi risiko kerusakan lebih parah pasca terendam banjir ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Tentunya hal ini dapat dilakukan jika pemilik motor memiliki pemahaman standar dalam membongkar motor.

Jika memiliki kemampuan tersebut, bukalah cover body untuk mengecek segala bagian kelistrikan yang terendam air. "Kalau si pemilik mempunyai keahlian bongkar pasang langkah pertama adalah bongkar sebagian cover body dan cek semua sambungan kabel yang terendam air. Cek semua komponen kelistrikan yang terendam seperti baterai, relay dan yang lain," jelas Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno kepada detikcom melalui pesan singkat.

Setelah memeriksa bagian kelistrikan, selanjutnya periksa bagian mesin. Perhatikan oli apakah terkontaminasi air, lalu saringan udara dan busi. Untuk motor matik periksalah bagian CVT.

"Kemudian bagian mesinnya. Seperti ganti oli mesin, saringan udara, busi, bagian CVT yang matic. Throttle body," tambah Endro.

Namun jika tidak memiliki kepiawaian dalam membongkar kendaraan Endro menyarankan pemilik motor yang terendam banjir untuk kembali ke bengkel resmi. "Langkah paling mudah adalah dibawa ke AHASS (untuk motor Honda) yang terdekat biar mendapatkan pemeriksaan yang lebih baik," tukasnya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]