Lahirkan Hafiz Quran, Pemkab Pasaman Apresiasi SDIT Cahaya Madani Lubuksikaping


Sabtu, 21 Desember 2019 - 16:17:44 WIB
Lahirkan Hafiz Quran, Pemkab Pasaman Apresiasi SDIT Cahaya Madani Lubuksikaping SDIT Cahaya Madani Lubuksikaping saat mewisuda 53 anak Tahfizh Quran di Gedung Syamsiar Thaib.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Memiliki anak seorang hafidz Quran merupakan cita-cita besar seluruh orang tua. Tak terkecuali bagi para orang tua anak di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Madani, Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman. 

Kemarin, jadi kebanggaan bagi para orang tua ini saat menyaksikan 53 anak di wisuda tahfizh quran oleh SDIT Cahaya Madani Lubuksikaping, bertempat di gedung Syamsiar Thaib, Lubuksikaping. 

Sebelumnya 53 anak ini dinyatakan lulus hafalan quran tingkat 1,2 dan 3 juz oleh dewan penguji independen. Mereka terdiri atas, 44 orang anak hafal 1 juz, 8 orang anak hafal 2 juz dan 1 orang anak hafal 1 juz. 

Kepala Sekolah SD IT Cahaya Madani Lubuk Sikaping, Mardianton, mengatakan, wisuda hafalan quran sudah menjadi agenda tahunan  dalam program sekolah. Hal itu  langkah strategis, agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi qur’ani yang soleh dan soleha.

"Selain itu, menjadikan mereka berakhlak mulia, berprestasi gemilang. Insya Allah akan menjadi pemimpin peradaban di masa yang akan datang," ujar Mardianton di Lubuksikaping, Sabtu (21/12).

Mardianton menjelaskan, jumlah peserta kompre yang diseleksi sebenarnya berjumlah lebih dari 100 orang anak. Namun yang diwisuda hanya 53 orang. Sedangkan yang lainnya belum memenuhi syarat setelah melewati berbagai tahap pengujian. 

"Itu setelah melalui proses panjang. Mulai dari tahfiz camp 1 dan 2 serta munaqosyah 1 dan 2 juz. Sekolah mendatangkan penguji dari luar, namun mereka dinyatakan belum memenuhi syarat kelulusan," katanya. 

Disebutkan, para penguji hafiz quran itu didatangkan dari luar sekolah. Hal itu bertujuan untuk menjaga kualitas lulusan wisuda tahfizh. Para penguji itu bernama Ustadz Muhammad zakir,Lc dan Riki Jusman,Lc. Keduanya adalah alumni Al Azhar Kairo, di Mesir.

"Ini upaya kami (sekolah) untuk menjaga kualitas lulusan wisuda ini," terangnya

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas), Ahdi Susanto memberikan apresiasi kepada SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping, sukses menggelar wisuda santriwan/santriwati Tahfidz Al-Qur’an 1,2 dan 3 Juz angkatan ke tiga tahun 2019.

"Pendidikan umum yang dikolaborasikan dengan pendidikan Alquran adalah salah satu pendidikan yang tepat. Dikarenakan pengenalan secara dini terhadap Al Qur’an akan membawa dampak positif dalam kehidupan anak-anak ini kelak," katanya.

Pencapaian ini, kata dia, jelas membuat bangga para orang tua, guru dan semua pihak. Kegiatan wisuda Tahfidz angkatan ketiga  ini diikuti sebanyak 53 orang santriwan/santriwati yang telah lulus ujian kompre/munaqasyah bulan November 2019 lalu.

"Ini juga pencapaian yang dapat dijadikan contoh bagi generasi yang akan datang. Mari senantiasa membekali anak-anak dengan kecintaan terhadap Al-Qur’an yang melahirkan dasar keimanan dan akhlak mulia," sebutnya.

Ahdi mengajak para orang tua dan sekolah harus saling bekerjasama dalam melakukan edukasi yang baik terhadap anak. Begitu pun dengan Pemerintah Daerah tidak akan tinggal diam memperhatikan dan memajukan dunia pendidikan di daerah itu. 

"SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping telah membuktikan dukungannya terhadap Visi dan Misi Pemkab Pasaman yang Agamais. Kami dari pemerintah daerah akan selalu mendukung terhadap program-program sekolah yang religi. Semoga sekolah lain dapat mencontoh apa yang sudah digulirkan oleh SD IT Ini," harapnya. (h/yud)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 06:04:06 WIB

    Syafrizal Desak Kabupaten dan Kota Lahirkan Perda Nagari

    Syafrizal Desak Kabupaten dan Kota Lahirkan Perda Nagari HARIANHALUAN.COM - Hingga kini, belum satu pun kabupaten dan kota yang melahirkan Perda Nagari Adat sebagai legalitas pembentukan Nagari Adat di daerahnya. Padahal, Perda Nomor 7 tahun 2018 yang dilahirkan Pemprov Sumbar seba.
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 15:03:44 WIB

    Kadis PMD Sumbar Desak DPRD Agam Lahirkan Perda Tentang Nagari Adat

    Kadis PMD Sumbar Desak DPRD Agam Lahirkan Perda Tentang Nagari Adat HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan bahwa Nagari Adat merupakan percontohan menuju Pemerintahan Nagari Adat yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 6 Tahun 20.
  • Sabtu, 23 November 2019 - 17:50:12 WIB

    BDI Padang dan Dagperinkop Sijunjung Lahirkan Ratusan Pembatik Baru

    BDI Padang dan Dagperinkop Sijunjung Lahirkan Ratusan Pembatik Baru SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Balai Diklat Industri (BDI) Padang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Dagperinkop dan UKM) Kabupaten Sijunjung kembali melahirkan generasi-generasi baru pengraj.
  • Jumat, 27 September 2019 - 16:32:13 WIB

    Melalui Dana Desa, Pakan Rabaa Bakal Lahirkan Program Kurangi Pengangguran

    Melalui Dana Desa, Pakan Rabaa Bakal Lahirkan Program Kurangi Pengangguran SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan (Solsel) terus genjot program sosial dan pemberdayaan untuk masyarakat..
  • Senin, 22 Oktober 2018 - 14:50:02 WIB

    Pesantren Diminta Lahirkan Tokoh Hebat

    Pesantren Diminta Lahirkan Tokoh Hebat PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Leonardy Harmainy, mengimbau pondok pesantren mempersiapkan santri menjadi tokoh-tokoh hebat di Indonesia sebagai upaya melahirkan pemimpin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]