Cegah Konflik, Ditjen Perlindungan Sosial Gelar Dialog Tematik di Koto Baru Limapuluh Kota


Sabtu, 21 Desember 2019 - 20:14:32 WIB
Cegah Konflik, Ditjen Perlindungan Sosial Gelar Dialog Tematik di Koto Baru Limapuluh Kota Tokoh bersama unsur masyarakat Koto Baru Limapuluh Kota usai kegiatan Dialog Tematik yang digelar Ditjen Pelayanan Sosial. IST

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Dalam upaya pencegahan konflik sosial di tengah masyarakat, Direktorat Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial Republik Indonesia menggelar dialog tematik” antara tokoh–tokoh dengan masyarakat di Jorong Koto Baru Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh, Sumatera Barat Jumat (11/10) lalu.

Dialog bertemakan “Antisipasi Konflik Sosial di Masyarakat” itu digelar Dirjen Sosial agar tercapainya kampung keserasian sosial. Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan sosial kepada Forum Keserasian Sosial “Namang Jaya” Jorong Koto Baru melalui rekomendasi dinas sosial Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam sambutannya, Ketua Forum Keserasian Sosial Namang Jaya Rezki Yuanda Putra mengucapakan terimakasih yang tak terhingga kepadan dinas sosial dan kementrian sosial atas terpilihnya Jorong Koto Baru sebagai salah satu pelaksana program Keserasian Sosial 2019. 

Rezki menuturkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan nagari berketahanan yang masyarakatnya serasi dapat segera terwujud di Limapuluh Kota, khususnya Nagari Koto Baru Simalanggang.

Sementara itu, Kurnia Adifa, SH dari Polsek Payakumbuh mengatakan, kebanyakan konflik yang timbul di masyarakat saat ini disebabkan oleh berita hoax. 

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi konflik sosial diharapkan agar warga masyarakat lebih bijak dalam menanggapi berita yang beredar dan juga bijak dalam menggunakan sosial media.

Wali Nagari Koto Baru Simalanggang, Purwanto menambahkan, dialog tersebut bagus sekali dalam upaya mengantisipasi konflik sosial di masyarakat nagari dengan cara musyawarah untuk memperkecil masalah serta dengan menghindari penyebab kesalahpahaman. 

Purwanto menghimbau warga agar menjadikan Kamtibmas menjadi tanggung jawab bersama dan tingkatkan lagi nilai “raso pareso” yang tinggi dalam kehidupan  bermasyarakat. 

Kepala Dinas Sosial Kabupatem Limapuluh Kota Harmen, SH sangat berharap agar program Keserasian Sosial Namang Jaya ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat untuk mewujudkan kampung keserasian sosial yang memiliki semangat gotong royong yang tinggi.

“Ayo kita bersama  menjaga program ini agar kedepannya Limapuluh Kota khususnya jorong Koto Baru dapat terhindar atau dapat meminimalisir timbulnya konflik sosial kemasyarakatan,” ujarnya.
  
Dialog tematik tersebut dihadiri tokoh-tokoh dari Dinas Sosial, Polsek Kecamatan Payakumbuh, Babinkamtibmas, camat, wali nagari, Kerapatan Adat Nagari, Badan Pemusyawaratan Nagari Koto Baru Simalanggang, dan dihadiri oleh kurang lebih seratus orang perwakilan masyarakat Jorong Koto Baru. (*)

loading...
Reporter : Ist /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]