MPC PP Kab Solok Salurkan Bantuan untuk Korban Longsor Ujung Ladang


Sabtu, 21 Desember 2019 - 20:20:41 WIB
MPC PP Kab Solok Salurkan Bantuan untuk Korban Longsor Ujung Ladang MPC PP Kabupaten Solok menyerahkan bantuan untuk korban bencana di Jorong Ujung Ladang Nagari Koto Sani Kec. X Koto Singkarak. IST

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Bencana tanah longsor yang menimbun 3 unit rumah warga di Jorong Ujung Ladang Nagari Koto Sani Kec. X Koto Singkarak telah mengundang empati dari banyak pihak. Salah satunya datang dari ormas Pemuda Pancasila Kab. Solok.

Bantuan berupa paket lengkap kebutuhan keluarga (Family kit) tersebut diserahkan langsung kepada warga terdampak oleh Ketua MPC PP Kab. Solok Lamud Wijaya, bersama Waka MPW PP Sumbar Nisfan Jumadil, SH, Waka MPC Kab. Solok Yutiswandi, Sekum Wendra Suhita, Bendahara Harmayono, Dankoti Yosa Andres dan sejumlah pengurus lainnya.

"Duka ini adalah duka kita bersama, tangis yang dirasakan oleh saudara kami di sini, juga tangis kami di PP Kab. Solok. Hari ini kami hadir di sini untuk menunjukkan empati bagi saudara kami yang terkena musibah tanah longsor," kata Ketua MPC PP Kab. Solok Lamud Wijaya sembari menyerahkan bantuan.

Lamud menyebutkan bantuan tersebut dihimpun dari masyarakat kab. Solok. Di dalam paket tersebut berisi perlengkapan memasak, perlengkapan mandi, pakaian layak pakai dan makanan. " Belum banyak yang bisa kami berikan, namun setidaknya bantuan yang kami kumpulkan mendadak ini bisa bermanfaat bagi saudara kami yang menjadi korban bencana," ucapnya.

Sebelumnya, MPC PP Kab. Solok juga telah menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan. Bantuan berupa makanan, pakaian bekas dan sayur mayur tersebut disalurkan kepada warga di daerah Pinti Kayu Koto Parik Gadang Diateh, bersama MPC PP dari beberapa daerah di Sumbar.

Terkait itu wali nagari Koto Sani Deswandi yang turut mendampingi warganya menyampaikan apresiasi terhadap kepedulian MPC PP yang cepat tanggap dalam membantu warga yang tertimpa bencana. Dia menilai, kehadiran rombongan MPC PP Kab. Solok ke daerah itu sebagai bukti eksistensi Pemuda Pancasila di tengah masyarakat.

"Kami atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih kepada rombongan PP Kab. Solok. Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi warga yang tertimpa musibah tanah longsor di sini," ujar Wali Nagari, Deswandi.

Deswandi menyebutkan, musibah tanah longsor yang menimpa tiga keluarga di jorong Ujuang Ladang Nagari Koto Sani pada Kamis (19/12) malam tersebut, telah menimbun 2 unit rumah dan memporak porandakan 1 rumah gadang. Meski tak ada korban jiwa, namun musibah tersebut telah mengakibatkan kerugian harta benda. Selain rumah beserta isinya, 4 unit sepeda motor ikut terkubur dalam longsoran bukit tersebut.

 "Tak ada barang yang bisa diselamatkan selain baju yang lekat di badan. Selain ormas PP, bantuan tanggap darurat dari pemerintah daerah juga sudah disalurkan termasuk dari masyarakat lainnya," ujar Deswandi.

Sementara itu Wakil Ketua MPW PP Sumbar Nisfan Jumadil SH mengungkapkan, kehadirannya di lokasi bencana sekaligus melakukan pemetaan terhadap wilayah rawan bencana. "Melalui jaringan organisasi yang kami punya, kami akan upayakan solusi untuk daerah rawan bencana melalui program pemerintah pusat," katanya.

Sebagai daerah rawan bencana, pada internal Ormas PP Kab. Solok akan segera dibentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang berasal dari kader PP di tiap kecamatan. " Mereka nantinya akan dibekali dengan berbagai pelatihan, sehingga siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk turun ke berbagai lokasi bencana. Kabupaten Solok salah satu daerah yang TRC nya akan segera dibentuk bersama daerah lainnya," ungkap Nisfan. (h/ndi)

loading...
Reporter : Wandi Malin /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]