Gilas Flamengo 1-0, Liverpool Juara Dunia!  


Ahad, 22 Desember 2019 - 08:52:18 WIB
Gilas  Flamengo 1-0,  Liverpool Juara Dunia!   Roberto Firmino, Mohamed Salah dan Sadio Mane rayakan kemenangan. (AP Photo)

DOHA,HARIANHALUAN.COM – Liverpool memboyong gelar juara Piala Dunia Antarklub 2019 setelah mengalahkan Flamengo dengan skor 1-0 pada laga final di Khalifa International Stadium, Minggu (22/12/2019) dini hari  tadi.

Ini merupakan titel Piala Dunia Antarklub pertama untuk Liverpool dan pelatihnya, Juergen Klopp.

Mohammed Salah  langsung tancap gas menggedor pertahanan klub Juara Amerika Latin itu   pada menit-menit awal babak pertama.

 Firmino membuka asa melalui tembakan kerasnya. Sayang, usaha pemain Brasil itu masih melambung dari gawang Flamengo.

Setelahnya, Klub dari kota Merseyside itu justru mendapat serangan bertubi-tubi dari Flamengo yang bermain agresif mengandalkan sayap lapangan. 
Bruno Henrique mengancam menit ke-29 dengan tendangan kerasnya, namun masih bisa dihalau Joe Gomez.

Flamengo terus getol mengurung pertahanan The Reds. Beruntung barisan pertahanan Liverpool yang dipimpin Virgil van Dijk bisa menghalaunya. Kedudukan imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.

Babak kedua baru bergulir semenit, Liverpool punya peluang emas. Mendapat ruang, Firmino melepaskan tembakan dari jarak dekat, namun bola hanya mencium mistar gawang Flamengo kawalan Diego Alves.

Malapetaka menimpa The Reds pada menit ke-74 setelah Alex Oxlade-Chamberlain menderita cedera. Mantan pemain Arsenal itu akhirnya harus ditarik keluar untuk digantikan Adam Lallana.

Tapi keadaan tersebut tak menurunkan semangat penggawa Liverpool untuk mengurung pertahanan Flamengo. 

Menit ke-80, Trent Alexander-Arnold melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti namun masih jatuh tepat di pelukan Alves.

Lima menit kemudian giliran kapten Jordan Henderson yang mengancam lewat sepakan keras dari luar kotak penalti. Tapi Alves lagi-lagi cerdik membaca arah bola dan menggagalkan peluang tersebut.

Drama terjadi pada masa injury time setelah Bek Flamengo Rafinha menjatuhkan Sadio Mane di dekat kotak penalti. Wasit Abdulrahman Al Jassim awalnya menunjuk titik putih. 

Tapi setelah meninjau Video Asistant Referee (VAR), sang pengadil mengubah kebijakannya.

Rafinha dinilai tidak melakukan pelanggaran dan pertandingan kembali dilanjutkan dari tendangan kiper.

Skor imbang 0-0 tetap bertahan hingga waktu normal usai. Pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada menit ke-99, Liverpool akhirnya bisa memecah kebuntuan. Berawal dari serangan balik, Mane mengumpan bola ke Firmino. Dengan tenang, penyerang bernomor punggung 9 itu mengecoh Alves dan bek Flamengo kemudian menyepak bola dan mulus bersarang ke gawang sang lawan.

Giliran Mohamed Salah dua menit kemudian  hampir menggandakan keunggulan melalui tendangan kaki kirinya, untung bisa digagalkan Alves. 

Tak ada tambahan gol yang diciptakan Liverpool hingga 2x15 menit babak tambahan usai. 

Hasil ini mengobati luka lama The Reds yang pernah gagal menjuarai Piala Dunia Antarklub pada 2005 lalu. Di laga final kala itu, Liverpool menyerah 0-1 dari Sao Paulo.

Sepanjang sejarah, ini menjadi gelar pertama Liverpool di turnamen Piala Dunia Antarklub. Mereka jadi wakil Eropa ketujuh yang juara setelah AC Milan, Manchester United, Barcelona, Inter Milan, Bayern Muenchen, dan Real Madrid. (dn/in)

loading...
 Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]