Perbaki Kerusakan Pipa Air Bersih , Wahyu IP Goro Bersama Masyarakat Matur


Ahad, 22 Desember 2019 - 09:33:38 WIB
Perbaki Kerusakan Pipa Air Bersih , Wahyu IP Goro Bersama Masyarakat  Matur Masyarakat enam nagari melakukan goro memperbaikibsaluran air bersi yang rusak diterjang air bah. FERI MAULANA

TANAH DATAR,HARIANHALUAN.COM- Wahyu IP bersama timnya mengikuti gotong-royong bersama warga Matur Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan memperbaiki saluran air bersih masyarakat yang rusak akibat diterjang air bah.

"Saya prihatin melihat kondisi sekitar 200 kepala keluarga yang kesulitan mendapatkan air untuk MCK, karena rusaknya pipa sumber air mereka. Mestinya pemerintah melalui PDAM melakukan penyuplaian air menggunakan mobil tanki selama menjelang air mereka hidup kembali, saya melihat langsung Sabtu kemarin saat goro itu" ujar Wahyu IP, Minggu (22/12)

Menuju lokasi goro yang dilakukan sekitar 150 masyarakat enam nagari di Kecamatan Pariangan itu bersama Forkopimca dan Satgas Bencana, aparat pemerintah kecamatan dan nagari, Wahyu IP tidak segan-segan menggendong air mineral kemasan dan kue pada medan yang sangat terjal menuruni lurah menuju batang Aro tempat sumber air yang diperbaiki itu, menempuh dengan berjalan kaki sekitar 500 meter.

Wali Nagari Sungai Jambu, Elita D juga menyebutkan bahwa kondisi sumber air bersih masyarakat tersebut kerusakannya cukup berat. "Bak kontrol tertutup lumpur, pipa rusak dan tersumbat, 30 batang pipa mesti kami ganti dengan pipa besi dan paralon. Kini 200-an KK airnya mati total, sementara harus bersusah-payah mencari air lain arah ke bawah perkampungan di Sungai Jambu," ujarnya.

Dikatakan, air terputus salurannya menuju rumah warga dan masjid sudah berlangsung dua hari, dan diperkirakan jika goro itu tuntas selama dua hari hingga hari Minggu ini, diharapkan air kembali mengalir lancar, ujar Elita.

Masyarakat setempat melakukan perbaikan saluran air itu dengan swadaya, saat Wahyu IP hadir pada goro tersebut juga berpartisipasi menyumbangkan air mineral dan kue serta sejumlah uang tunai guna keperluan goro tersebut.

Usai goro bersama masyarakat enam nagari tersebut, Wahyu juga kembali merajut silaturahmi dengan tokoh masyarakat dua kecamatan yaitubPariangan dan Rambatan di Batubasa, disana ia sembat berdiakusi tentang kemajuan daerah kedepan dan menampung aspirasi masyarakat.

Sebelumnya ia juga melakukan pertemuan dengan salah satu bakal calon bupati Betty Sadiq di Kampung Baru, Batusangkar, saat itu kedua tokoh Tanah Datar itu sepakat bahwa Pilkada tidak sebatas pemenangan masing-masing pasangan calon, tetapi lebih dari itu untuk menyatikan pemikiran dan persepsi guna kemajuan daerah kedepan. (fer)

loading...
Reporter : FERI MAULANA /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]