Buaya 3 Meter Ditangkap Masyarakat di Sungai Batanghari Jambi


Ahad, 22 Desember 2019 - 12:21:09 WIB
Buaya 3 Meter Ditangkap Masyarakat di Sungai Batanghari Jambi Ilustrasi

JAMBI, HARIANHALUAN.COM - Buaya besar di aliran sungai Batanghari, Desa Lambur ll, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, ditangkap warga dan tim dinas Pemerintah Jambi.

Dilansir dari VIVAnews, buaya tersebut ditangkap setelah meresahkan masyarakat desa, karena sering muncul di pinggiran sungai, sehingga masyarakat melaporkan ke pihak berwenang dinas pemerintah agar secara bersama menangkap buaya.

Tria Febriyanto, merupakan warga Desa Lambur II, menyaksikan langsung penangkapan buaya tersebut. Ia mengatakan awal mulai penangkapan buaya dari Sabtu sore, 21 desember 2019 sekitar pukul 16.00 WIB sampai Minggu dini hari, 22 Desember 2019.

"Sekitar pukul 02.30 WIB buaya yang sering meresahkan masyarakat langsung ditangkap di tengah sungai dengan cara ditombak setelah itu dibawa ke tepi sungai," ujarnya.

Diceritakan Tria Febriyanto, sebelum buaya ditangkap, masyarakat awalnya memancing buaya dengan umpan hewan entok, namun gagal, karena buaya tidak memakan pancingan. Dini hari itu juga, masyarakat dan tim dinas langsung ke tengah anak sungai pakai pompong sambil membawa tombak. Setelah beberapa jam pengintaian buaya, tim dinas dan masyarakat langsung dapat buaya dengan cara ditombak.

"Saat dipancing buaya tidak dapat, sehingga tim gabungan menangkap Buaya dengan cara ditombak," katanya.

Ia menyebutkan, melihat dari besarnya, panjang buaya lebih mencapai 3 Meter lebih. Buaya itu sudah seminggu lamanya meresahkan. 

"Sering sekali buaya muncul ke permukaan sungai makan ternak, sehingga masyarakat ketakutan ke sungai. Namun, sampai saat ini belum ada korban jiwa, dan diprediksi masih ada lagi buaya sangat besar lainnya," katanya.

Saat ini buaya besar yang telah ditangkap tim gabungan, langsung dibawa ke tempat aman yang lokasinya di Desa Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

"Buaya yang ditangkap sudah diamankan oleh tim dinas dari pemerintah, dan rencana dilepaskan ke sungai yang jauh dari pemukiman masyarakat," cetusnya. (h/cnn)

loading...
 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 06:16:35 WIB

    Hilang, Jasad Petani Ditemukan Dikelilingi Buaya

    Hilang, Jasad Petani Ditemukan Dikelilingi Buaya HARIANHALUAN.COM - Tim SAR gabungan menemukan jenazah seorang petani di Kualuh Selatan, Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara, yang hilang sejak satu minggu lalu usai dimakan buaya. Saat ditemukan jasad pria bernama Poni.
  • Kamis, 23 April 2020 - 16:18:41 WIB

    Cari Pakan Ternak, Remaja 14 Tahun di Sultra Hilang Diterkam Buaya

    Cari Pakan Ternak, Remaja 14 Tahun di Sultra Hilang Diterkam Buaya SULSEL, HARIANHALUAN.COM - Seorang remaja Wawan (14) dari Desa Teppo Dusun Lasirantang, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) diterkam buaya saat mencari makanan ternak. Remaja itu diterkam di.
  • Selasa, 14 April 2020 - 23:22:16 WIB

    Warga Bawan Tewas Diseret Buaya Saat Mengangkat Lukah Ikan

    Warga Bawan Tewas Diseret Buaya Saat Mengangkat  Lukah Ikan AGAM, HARIANHALUAN.COM - Seorang warga yang tinggal di Alahan Duku, Jorong Pasa Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, tewas diserang buaya, di sungai saat mengangkat lukah, Selasa (14/04/20).
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 10:29:23 WIB

    Mendebarkan..! Operasi Penangkapan Buaya Berkalung Ban Gagal Lagi

    Mendebarkan..! Operasi Penangkapan Buaya Berkalung Ban Gagal Lagi PALU,HARIANHALUAN.COM-Operasi penyelamatan buaya berkalung ban di Sungai Palu yang dimulai sejak Kamis (6/2) masih dilanjutkan Sabtu ini (8/2/2020)..
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 14:17:26 WIB

    Seorag Pelajar SMP Tewas Dimangsa Buaya

    Seorag Pelajar SMP Tewas Dimangsa Buaya JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Fonataba (14) seorang pelajar SMP, ditemukan  tewas dengan kondisi mengenaskan, setelah dimangsa Buaya,  Jumat (3/1/2020). .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]