Begini Perintah Jokowi ke Ahok soal Kilang


Ahad, 22 Desember 2019 - 13:50:53 WIB
Begini Perintah Jokowi ke Ahok soal Kilang Basuki Tjahaja Purnama

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar pembangunan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang terletak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kelar dalam waktu tidak lebih dari tiga tahun.

Hal itu diperintahkannya langsung kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, dan Komisaris Utama (Komut) Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Mintanya tadi empat tahun, tiga tahun harus rampung semuanya, entah itu dengan kerja sama, entah itu dengan kekuatan sendiri, saya kira ada pilihan-pilihan yang bisa diputuskan segera," kata Jokowi usai mengunjungi kilang PT TPPI, Sabtu (21/12) siang, seperti dikutip dari laman Setkab, Minggu (22/12/2019).

Terkait kepemilikan saham, Jokowi ingin di bulan Januari sudah ada kejelasan mengenai hal ini, karena ia sudah menunggu lima tahun. Diketahui saat ini 98% saham perusahaan itu milik negara, sisanya 2% masih milik pemilik lama.

Kilang minyak TPPI sendiri merupakan salah satu kilang terbesar di Indonesia. Kilang ini dapat menghasilkan produk aromatik, baik paraxylene, orthoxylene, benzene, toluene, heavy aromatic, dan juga penghasil BBM premium, pertamax, elpiji, solar, kerosene.

"Ini bisa untuk semuanya," kata Jokowi.

Produksi kilang minyak TPPI itu maksimal bisa menghemat devisa US$ 4,9 miliar atau kurang lebih Rp 56 triliun. Menurut Jokowi, produksi pabrik pengilangan minyak PT TPPI itu merupakan substitusi karena setiap tahun Indonesia impor, padahal harusnya bisa membuat sendiri tapi tidak dilakukan.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 September 2020 - 14:09:03 WIB

    Resesi Sudah Tiba, Begini Jeritan Pengusaha Mal

    Resesi Sudah Tiba, Begini Jeritan Pengusaha Mal HARIANHALUAN.COM- Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengaku, bahwa bagi pelaku usaha pusat perbelanjaan telah merasakan resesi ekonomi dalam beberapa bulan terakhir. .
  • Rabu, 23 September 2020 - 12:14:54 WIB

    Antisipasi Krisis, Begini Cara Kementan Manfaatkan Singkong Jadi Gula Cair

    Antisipasi Krisis, Begini Cara Kementan Manfaatkan Singkong Jadi Gula Cair HARIANHALUAN.COM - Peneliti BB Pascapanen, Agus Budiyanto mengatakan kebutuhan gula di Indonesia makin lama makin meningkat. Alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan secara maksimal sumber gula d.
  • Selasa, 15 September 2020 - 12:19:50 WIB

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Perbankan Buku 4 di BEI

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Perbankan Buku 4 di BEI HARIANHALUAN.COM - Sektor perbankan adalah salah satu sektor yang cukup disoroti di tengah pandemi covid-19. Data pertumbuhan PDB yang dirilis oleh BPS menunjukan bahwa pada triwulan II 2020, sektor jasa keuangan mengalami pe.
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:28:52 WIB

    Begini Cara Siapkan Dana Darurat Sebelum Resesi Terjadi

    Begini Cara Siapkan Dana Darurat Sebelum Resesi Terjadi HARIANHALUAN.COM - Jurang resesi ekonomi sudah di depan mata akibat dampak pandemi yang tak kunjung usai. Karena itu masyarakat harus mengalokasikan dana untuk dana darurat untuk mengantisipasi dampak tersebut..
  • Selasa, 08 September 2020 - 15:24:04 WIB

    Begini Cara Mendapatkan Stimulus Covid-19

    Begini Cara Mendapatkan Stimulus Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Saat ini stimulus covid-19 bulan september sudah dapat dinikmati pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 VA dan pelanggan Rumah Tangga 900 VA bersubsidi, Sosial dan Bisnis Kecil 450 VA. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]