Wah..! Sri Mulyani Sebut Ada Peran Megawati dalam Karir Internasionalnya


Ahad, 22 Desember 2019 - 17:35:50 WIB
Wah..! Sri Mulyani Sebut Ada Peran Megawati dalam Karir Internasionalnya Megawati Soekarnoputri

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah berkiprah di dunia internasional. Jabatan tertinggi dari lembaga internasional yang pernah diembannya adalah Direktur Pelaksana Bank Dunia atau World Bank.

Saat mengawali karirnya di dunia internasional, Sri Mulyani mengungkapkan campur tangan Presiden Kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri. Kala itu dirinya mendapatkan izin untuk menjabat sebagai Direktur Eksekutif IMF mewakili 12 negara Asia Tenggara.

"Sebetulnya peranan saya di dunia internasional pertama kali itu karena Bu Megawati, karena ibu itu yang memberikan surat tugas saya menjadi executive director di IMF, itu pertama kali," kata dia di Ritz-Carlton, Pasific Place, Jakarta Selatan, Minggu (22/12/2019).

Hal itu dia sampaikan dalam acara Perempuan Hebat untuk Indonesia Maju yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Kegiatan tersebut dibuka oleh Megawati.

Dari karirnya di IMF itu lah dirinya mulai mengenal institusi IMF dan Bank Dunia. Untuk tugasnya di IMF kala itu adalah memperjuangkan suara-suara dari anggota IMF, terutama pada saat berbicara tentang program dan kebijakan yang mempengaruhi negara.

Baru kemudian pada saat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dirinya menapakkan karir di Bank Dunia.

"Yang kedua saya jadi Managing Director World Bank adalah pada saat Presiden SBY. Jadi tentu ini adalah kesempatan sesudah saya mengemban tugas waktu itu secara publik, yaitu mulai dari Sekretaris Dewan Ekonomi Nasional, kemudian jadi Menteri Bappenas dan Menteri Keuangan," tambahnya.(*)


 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 13:55:44 WIB

    Wah..! Soeharto Jadi Presiden Paling Disukai Rakyat

    Wah..! Soeharto Jadi Presiden Paling Disukai Rakyat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lembaga survei Indo Barometer menggelar diskusi 'Mencari Pemimpin Road to Capres dan Parpol 2024'. Sebelum menjelaskan mengenai Capres 2024, Indo Barometer terlebih dahulu menyampaikan kepuasan mas.
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 13:58:26 WIB

    Wah..! PNS Dapat Rp1 Miliar Saat Pensiun?

    Wah..! PNS Dapat Rp1 Miliar Saat Pensiun? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengklarifikasi pernyataannya soal usulan dana pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur si.
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 03:02:39 WIB

    Wah..! WHO Bela China dari Kritik AS soal Corona

    Wah..! WHO Bela China dari Kritik AS soal Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membela China yang mendapat respons kekecewaan Amerika Serikat dalam menangani wabah virus corona..
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 15:17:51 WIB

    Wah..! Buruh Perusahaan Besar Bakal Dapat Bonus Lima Kali Gaji

    Wah..! Buruh Perusahaan Besar Bakal Dapat Bonus Lima Kali Gaji JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan pemanis (sweetener) sebesar lima kali gaji hanya akan diberikan pada buruh yang bekerja pada perusahaan besar. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauzia.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 10:26:49 WIB

    Wah..! Masjid Istiqlal-Gereja Katedral akan Tersambung Terowongan

    Wah..! Masjid Istiqlal-Gereja Katedral akan Tersambung Terowongan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat usulan pembuatan terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Jokowi menyetujui usulan tersebut..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM