Silaturahmi Pasukuan Tanjung Matua Mudiak, Hadirkan 'Ciloteh' Mak Katik


Ahad, 22 Desember 2019 - 21:54:36 WIB
Silaturahmi Pasukuan Tanjung Matua Mudiak, Hadirkan 'Ciloteh' Mak Katik Pencerahan tentang adat dan sara oleh Mak Katik disambut antusias peserta Silaturahmi Pasukuan Tanjung, Matua Mudiak, Ahad 22 Desember 2019. Ist mencdaoat sambutan antusias

MATUA,HARIANHALUAN.COM- 'Ciloteh' pakar adat dan sara'  Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto alias Mak Katik, memukau hadiri  peserta Silaturahmi Pasukuan  Tanjuang yang diselenggarakan oleh Kerapatan  Adat Nagari (KAN) Matua Mudiak, Kecamatan Matua, Agam,  di Masjid 
Nurul Yakin, Ahad ini (22/12/2019).

Mulai cara hidup  berumahtangga, bakorong ba kampuang, bapayuang basuku,  hingga bagai mana mamak-kamanakan menurut adat dan garisan sara',  yang dikupas oleh Mak Katik,   cukup membuat hadirin tersentak, terutama dari kalangan  generasi muda dan kaum milenial.

Acara yang juga dihadiri  Wali Nagari, para Kepala Jorong  dan tokoh masyarakat  bersama Mamak dan Kamanakan anggota kaum Tanjuang Matua Mudiak yang terdiri dari 15 payuang panji tersebut  merupakan legaran terakhir program KAN Matua Mudiak  tahun 2019.

Menurut Ketua KAN  Matua Mudiak J.Dt.Rangkayo Mulia, dengan kegiatan bagi pasukuan Tanjuang ini berakhirlah agenda pertemuan pasukuan di Matua Mudiak tahun 2019 ini. 

Sebelumnya, telah dilaksanakan silaturahmi sekaligus pencerahan Adat dan Sara bagi pasukuan Sikumbang dan Caniago.

"Kegian ini insya Allah akan dijadikan agenda tahunan di Matua Mudiak.  Sebab hanya dengan pertemuan pasukuan inilah bisa kita capai untuk  saling kenal antara badunsanak dan menciptakan hubungan yang harmonis antara mamak dengan kemenakan," ulasnya.

Agar program ini berkelanjutan,  diharapkan dukungan semua pihak tentunya. (dn)
 

loading...
 Editor : Dodi Nj

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]