Curah Hujan Tinggi, Edi Busti Minta Warga Pasbar Siaga Bencana


Ahad, 22 Desember 2019 - 22:28:26 WIB
Curah Hujan Tinggi, Edi Busti  Minta Warga Pasbar  Siaga Bencana Hujan lebat menguyur bumi Pasbar sejak siang tadi. FADLI

PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menghimbau kepada seluruh masyarakat Pasbar terlebih bagi yang berada di daerah pegunungan dan disepanjang aliran sungai, agar berhati-hati dan selalu waspada terkait cuaca ekstrim dan tingginya curah hujan yang mengguyur Pasbar beberapa hari belakangan ini.

Kepala BPBD Pasbar, Edi Busti kepada Haluan.com, Minggu (22/12/2019) melalui hendphon selulernya mengatakan, cuaca di Pasbar dalam beberapa hari belakangan ini memang tidak menentu, hujan datangnya secara tiba-tiba dengan tingkat curah yang cukup tinggi.

"beberapa hari belakangan ini cuaca di Pasbar tidak menentu dan tidak dapat di prediksi. hujan datang secara tiba-tiba, padahal sebelumnya kondisi cuaca dalam keadaan cerah dan panas, terlebih pada siang hari sampai malam,"ujar Edi Busti.

Melihat tingginya curah hujan dan cuaca yang tidak menentu tersebut, ia menghimbau kepada masyarakat Pasbar agar selalu berhati-hati dan waspada, terlebih bagi masyarakat yang tinggal didaerah rawan bencana seperti yang tinggal di daerah pegunungan, perbukitan dan ditepi aliran sungai.

"Selain itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar menghindari beraktifitas ditempat-tempat rawan seperti, dibawah pohon dan sebagainya yang rentan roboh akibat tiupan angin dan hujan.

Selanjutnya ia menghimbau untuk mengontrol anggota keluarga terlebih anak-anak untuk tidak bermain diluar rumah saat hujan dan angin kencang, serta membersihkan sanitasi perumahan untuk menghindari tersumbatnya aliran air hujan yang bisa menyebabkan terjadinya banjir,"pintanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar, Decky H Sahputra, SH kepada haluan mengatakan, curah hujan di Pasbar dalam beberapa hari ini memang sangat tinggi, dan diharapkan agar masyarakat dapat berhati-hati dan waspada terhadap bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

"Curah hujan hingga saat ini masih tinggi, yang tentunya bisa saja membuat aliran sungai meluap dan terjadinya longsor dalam waktu yang tidak bisa ditentukan, sehingga kita harapkan masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada."ujar Decky.

Apalagi beberapa daerah yang selam ini rentan terjadi bencana banjir dan longsor seperti, kecamatan Talamau, kecamatan Pasaman dan kecamatan Gunung Tuleh, dan beberapa kecamatan lainnya karena berada didaerah pegunungan dan dataran rendah.

"Bagi masyarakat yang berada di daerah pegunungan, perbukitan dan yang berdomisili disepanjang aliran sungai, diharapkan agar selalu waspada. apabila sudah melihat adanya tanda-tanda akan datangnya bencana seperti, meningkatnya debit air sungai harap segera menuju ketempat yang di anggap aman dan melaporkannya kepada kelompok siaga bencan kecamatan atau langsung menghubungi BPBD,"harapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, meskipun tidak pernah diharapkan, namun BPBD Pasbar selalu siap siaga apabila sewaktu-waktu bencana datang, mengingat banyaknya titik daerah yang  rawan bencana di Pasbar. (Fad)

loading...
Reporter : FADLI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 20:09:02 WIB

    Tingginya Curah Hujan, Puluhan Rumah di Pasbar Terendam Banjir

    Tingginya Curah Hujan, Puluhan Rumah di Pasbar Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Akibat tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Pasaman Barat beberapa hari ini, puluhan rumah direndam banjir dengan ketinggian nyaris menenggelamkan rumah warga di kejorongan Irian dan Jorong Teluk Em.
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 20:51:47 WIB

    Curah Hujan Tinggi, Ruas Jalan Koto Tuo Longsor

    Curah Hujan Tinggi, Ruas Jalan Koto Tuo Longsor HARIANHALUAN.COM - Ruas jalan di Jorong Koto Tuo, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, mengalami longsor akibat tingginya curah hujan yang melanda wilayah tersebut pada Kamis (13/8/2020). .
  • Senin, 06 April 2020 - 12:53:57 WIB

    Curah Hujan Tinggi, Aliran Sungai Batang Pasaman Mulai Meluap

    Curah Hujan Tinggi, Aliran Sungai Batang Pasaman Mulai Meluap PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Nagari Aia Gadang melalui Wali Nagarinya, Junaidin mengimbau masyarakat agar tetap waspada mengingat tingginya curah hujan beberapa hari belakangan ini dan sudah mulai naiknya deb.
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 09:09:45 WIB

    Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Dharmasraya Dilanda Banjir

    Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Dharmasraya Dilanda Banjir DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Tingginya curah hujan di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung, beberapa wilayah sekitar terendam banjir dan longsor. Bahkan akses jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Dharmasraya dan Sijun.
  • Selasa, 26 November 2019 - 11:17:16 WIB

    Curah Hujan Tinggi, BPBD Ingatkan Warga Pasaman Waspada

    Curah Hujan Tinggi, BPBD Ingatkan Warga Pasaman Waspada PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Pasaman, dalam beberapa hari terakhir menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor dan banjir disejumlah kecamatan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]