Tips Anti Bokek Saat Libur Panjang


Senin, 23 Desember 2019 - 08:26:55 WIB
Tips Anti Bokek Saat Libur Panjang Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perayaan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 kian dekat. Libur panjang pun sudah di depan mata. Tentunya, waktu-waktu tersebut dijadikan kesempatan bagi untuk berlibur panjang.

Libur panjang kali ini bisa diisi dengan bertamasya, atau pun berkeliling pusat perbelanjaan untuk berburu diskon. Nah, bagaimana sih cara untuk mengatur pengeluaran ketika berlibur?

Yuk, simak tips-tips mengatur pengeluaran saat libur panjang dari Perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho!

Libur panjang Natal dan Tahun Baru ini jadi kesempatan untuk bertamasya ke luar kota, atau pun ke luar negeri. Nah, ada beberapa tips yang harus detikers perhatikan supaya liburan berjalan mulus, dan anti pengeluaran 'jebol'.

Andy mengatakan langkah pertama yang harus dilakukan ketika hendak berlibur di akhir tahun ini adalah menetapkan destinasi.

"Pertama ya harus tahu dulu mau ke mana, tetapkan destinasinya. Kecuali, buat orang-orang yang memang menargetkan untuk mudik. Biasanya bagi yang merayakan natal punya kewajiban untuk pulang kampung," kata Andy kepada detikcom, Minggu (22/12/2019).

Kedua, buat anggaran untuk liburan itu. Andy menuturkan, membuat anggaran adalah hal yang wajib dalam mengatur keuangan ketika berlibur.

Ia menjelaskan, ketika sudah membuat anggaran, biaya transportasi dan akomodasi adalah dua komponen dalam perencanaan yang sudah bisa diprediksi. Sehingga, akan semakin mudah menetapkan biaya yang dibutuhkan untuk berlibur.

Namun, yang sulit untuk diprediksi adalah pengeluaran untuk makan sehari-hari ketika liburan, dan juga berbelanja.

Sehingga, Andy menyarankan menetapkan juga anggaran berbelanja ketika liburan. Untuk mudahnya, pisahkan dengan hitungan persentase dari biaya yang dimiliki untuk berlibur.

"Saya punya budget total misalnya Rp 5 juta. Untuk transport sama akomodasi Rp 2,5 juta. Berarti saya punya 2,5 lg untuk makan dan belanja. Dan makan sebenarnya juga kurang lebih kita bisa prediksi dengan beragam review di internet. MIsalnya selama tiga hari saya di Singapura makannya bisa habis kurang lebih Rp 1 juta. Berarti masih ada Rp 1,5 juta lagi yang bisa kita gunakan untuk belanja. Kita harus disiplin bahwasannya budget kita untuk belanja ketika liburan ya itu tadi," tegas Andy.

Akhir tahun yang merupakan peak season membuat harga tiket pesawat, kereta, bus, kapal, lalu penginapan seperti hotel, villa, dan sebagainya pun ikut melonjak. Sering kali anggaran untuk libur di akhir tahun membengkak karena fenomena tersebut.

Lalu, bagaimana jika anggaran untuk berlibur di akhir tahun terbatas? Apakah berutang baik lewat kerabat, kartu kredit, maupun pinjaman online bisa jadi solusi untuk mencukupi dana liburan?

Menjawab pertanyaan itu, Andy menegaskan bahwa berutang untuk berlibur sangat tak disarankan. Terutama cara berutang melalui pinjaman online (pinjol) yang kini marak ditawarkan oleh start up fintech peer to peer (P2P) lending.

"P2P untuk tenornya relatif cepat dan bunganya sangat tinggi. Jadi saya sangat tidak menyarankan," tegas Andy.

Selain itu, Andy juga menyarankan agar tak menggunakan kartu kredit perbankan dalam transaksi ketika berlibur, terutama bagi masyarakat Indonesia yang berlibur ke luar negeri.

"Saya juga menyarankan untuk tidak menggunakan kartu kredit apabila kita jalan-jalan. Itu salah satu yang bikin jebol di situ," imbuh dia.

Andy menjelaskan, fluktuasi nilai tukar rupiah dengan mata uang negara yang jadi destinasi berlibur berpotensi membuat anggaran membengkak ketika berlibur.

"Dengan pakai CC kita lupa sebenarnya kita sudah belanja berapa. Apa lagi di luar negeri kita mesti ngitung lagi pakai kursnya, kadang ribet dan malas saja. Sehingga dengan enak gesek sana dan sini. Pertama untuk menghindari kurs yang kita nggak tahu hari ini kursnya berapa. Sudah gitu bisa saja menggunakan kartu kredit hari ini, tapi diproses sama bank-nya tiga hari kemudian, ketika kurs sudah beda lagi," papar Andy.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Januari 2020 - 12:15:04 WIB

    Mau Beli Rumah Bebas Banjir? Ini Tipsnya

    Mau Beli Rumah Bebas Banjir? Ini Tipsnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di musim hujan seperti sekarang ini, memilih hunian yang bebas banjir biasanya jadi pertimbangan penting. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam memilih hunian yang tak rawan banjir..
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 18:57:19 WIB

    Tips Kantong Tetap Tebal Usai Serangan Diskon Akhir Tahun

    Tips Kantong Tetap Tebal Usai Serangan Diskon Akhir Tahun LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Menjelang akhir tahun 2019 dipastikan banyak acara super dadakan yang bisa menguras isi kantong Anda. Mulai dari kumpul bareng teman, bareng keluarga menikmati waktu pergantian tahun, hingga berb.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]