Liburan Akhir Tahun, BMKG: Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Lebat


Senin, 23 Desember 2019 - 13:30:22 WIB
Liburan Akhir Tahun, BMKG: Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Ilustrasi Cuaca ekstrem.pixabay.com

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Cuaca ekstrem membayangi sebagian besar wilayah Indonesia termasuk di Sumatera Barat (Sumbar) selama masa libur akhir tahun 2019 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan hujan lebat berpotensi turun di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah tujuan wisata, selama masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Dalam sepekan terakhir, terjadi distribusi curah hujan cukup signifikan di sebagian besar wilayah Indonesia," kata Dwikoritasaat menyampaikan keterangan dari Stasiun Meteorologi Minangkabaudi Sumatera Barat kepada wartawan di Kantor BMKG Jakartamelalui telekonferensi pada Senin.

Menurut dia, kondisi tersebut terjadi akibat dinamika atmosfer skala regional dan lokal terkini, termasuk Monsun Asia yang mulai menunjukkan aktivitas signifikan.

Aktivitas Monsun Asia, ia melanjutkan, menyebabkan peningkatan massa udara basah, terbentuknya pola konvergensi, pelambatan dan belokan angin di beberapa wilayah, dan suhu muka laut hangat yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Oleh karena itu,kata Rita,BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat di wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Cuaca ekstrem, menurut dia, juga berpotensi melandaJawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Rita mengatakan bahwa seiring dengan kedatangan cuaca ekstrem, gelombang tinggi berpeluang menghampiri sebagian wilayah pesisir di Indonesia. (*)

loading...
 Sumber : BMKG-ANT /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 19:45:18 WIB

    PNS Sumbar Diduga Gelapkan Uang Infak Masjid Raya untuk Liburan dan Jalan-jalan

    PNS Sumbar Diduga Gelapkan Uang Infak Masjid Raya untuk Liburan dan Jalan-jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) Yulius Said melaporkan RNT, seorang aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) Sekretariat Daerah Sumbar ke Polresta Padang karena.
  • Rabu, 25 Desember 2019 - 21:42:35 WIB

    Liburan Natal, Filipina Dihantam Topan Phanfone

    Liburan Natal, Filipina Dihantam Topan Phanfone MANILA,HARIANHAUAN.COM- Topan Phanfone menerjang kawasan tengah Filipina sejak Selasa higga Rabu ini.  Dampaknya adalah ribuan penduduk mengungsi dan kesulitan kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan masa liburan N.
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 21:57:44 WIB

    Posko Siaga Daihatsu 2019 Siap Menemani Liburan Sahabat 

    Posko Siaga Daihatsu 2019 Siap Menemani Liburan Sahabat  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Liburan merupakan momen menyenangkan yang paling ditunggu-tunggu sebagai bagian dari tradisi masyarakat Indonesia menyambut libur panjang hari raya Natal dan Tahun Baru 2020..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]